More

    Survei Indo Barometer, Nama Willem Wandik Menguat Jadi Calon Gubernur Papua Tengah

    Liputan6.com, Jakarta Lembaga penelitian Indo Barometer merilis hasil survei yang dilakukan 1-9 April 2024, di mana salah satunya memotret calon Gubernur Papua Tengah di Pilkada 2024.

    Berdasarkan pernyataan tertutup, Nama Willem Wandik meraih elektabilitas tertinggi dari calon lainnya untuk Papua Tengah. Hal ini berdasarkan simulasi dari enam nama yang disebut berpotensi menjadi calon gubernur.

    “Willem Wandik paling banyak dipilih 20,5%, kemudian Yuni Wonda 9,1%, Isaias Douw 6,7%, Eltinus Omaleng 6,1%, Ateng Edowai 3,4%, dan Meki Fritz Nawipa 3,0%. Pemilih yang menyatakan tidak akan memilih, rahasia, belum memutuskan, tidak tahu atau tidak jawab sebesar 51%,” kata Peneliti Indo Barometer Christopher Nugroho dalam keterangannya, Kamis (20/6/2024).

    Sedangkan untuk wakil gubernur, menurut dia, masih sangat dinamis sebab tidak ada tokoh yang unggul secara signifikan.

    Christopher mengungkapkan, dari simulasi delapan nama, ada Timotius Murib yang menguat.

    “Timotius Murib dipilih 6,3%, Eltinus Omaleng 4,9%, FX Mote 4,3%, Ateng Edowai 3,8%, Aloysius Giyai 3,5%, Yunus Wonda 3,4%, Yakobus Dumupa 2,7%, dan Herman Kayame 1,7%. Pemilih yang menyatakan tidak akan memilih/rahasia/belum memutuskan/tidak tahu/tidak jawab 69.4%,” jelas Christopher.

    Di sisi lain, tiga permasalahan mendesak yang harus segera dibenahi pemerintah provinsi Papua Tengah, ialah masalah keamanan, kemudian kondisi ekonomi rakyat.

    “Permasalahan mendesak di Provinsi Papua Tengah yang paling banyak diungkap adalah masalah keamanan, sulitnya kondisi ekonomi rakyat, dan sulitnya lapangan pekerjaan,” kata Christopher.

    Diketahui, survei Indo Barometer melibatkan sebanyak 820 responden yang mempunyai hak pilih, yaitu minimal berusia 17 tahun atau sudah menikah pada saat survei dilakukan.

    Margin of error sebesar + 3,42% pada tingkat kepercayaan 95%. Metode penarikan sampel adalah multistage random sampling. Teknik pengumpulan data adalah wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner.

    Source link