More

    Puasa Senin Kamis, Berikut Niat dan Keutamaan

    Surabaya (beritajatim.com) – Puasa adalah salah satu ibadah penting dalam Islam. Selain menahan diri dari hawa nafsu, puasa juga merupakan bentuk ketaatan terhadap perintah dan anjuran Rasulullah SAW. Salah satu puasa yang dianjurkan adalah puasa pada hari Senin dan Kamis.

    Dilansir dari portal resmi NU, berikut ini adalah keutamaan puasa Senin Kamis:

    1. Dicontohkan oleh Rasulullah SAW

    Rasulullah SAW selalu menjalankan puasa pada hari Senin dan Kamis. Hal ini sesuai dengan hadits dari HR Tirmidzi dan Ahmad yang menyatakan bahwa, “Nabi Muhammad SAW selalu menjaga puasa Senin dan Kamis.”

    2. Hari Penyetoran Amal Manusia

    Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda, “Amal perbuatan manusia akan disampaikan pada setiap hari Kamis dan Senin. Maka aku ingin amalku diserahkan saat aku berpuasa” (HR Tirmidzi).

    3. Hari Dibukanya Pintu Surga

    Pada hari Senin dan Kamis, Allah SWT membuka pintu surga. Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Semua dosa hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu akan diampuni, kecuali bagi orang yang antara dia dan saudaranya terdapat kebencian dan perpecahan.” (HR Muslim, No. 4652).

    4. Hari Kelahiran dan Kewafatan Rasulullah SAW

    Hari Senin adalah hari kelahiran dan kewafatan Rasulullah SAW. Pada hari ini juga wahyu diturunkan kepada beliau. Dalam sebuah hadits disebutkan: “Nabi ditanya soal puasa pada hari Senin, beliau menjawab, ‘Pada hari itu aku dilahirkan dan wahyu diturunkan kepadaku” (HR Muslim: 1162).

    Niat Puasa

    – Puasa Senin

    نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمِ الِاثْنَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى

    Nawaitu shauma yaumil itsnaini lillâhi ta‘âlâ

    Artinya: “Aku berniat puasa sunah hari Senin karena Allah ta‘âlâ.”

    – Puasa Kamis

    نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمِ الخَمِيْسِ لِلّٰهِ تَعَالَى

    Nawaitu shauma yaumil khamîsi lillâhi ta‘âlâ

    Artinya: “Aku berniat puasa sunah hari Kamis karena Allah ta‘âlâ.”

    Dengan menjalankan puasa Senin Kamis, kita tidak hanya mengikuti sunnah Rasulullah SAW tetapi juga mendapatkan berbagai keutamaan yang besar dari Allah SWT. Semoga kita semua bisa menjalankannya dengan istiqamah.

    Source link