More

    Anak dengan Penyakit Jantung Bawaan Boleh Diimunisasi? Ini Kata Dokter




    Jakarta, CNBC Indonesia – Imunisasi penting diberikan pada anak terutama bayi setelah mereka lahir ke dunia. Hal tersebut bertujuan untuk memperkuat kekebalan tubuh mereka.

    Namun pada anak dengan penyakit jantung bawaan (PJB) pemberian imunisasi masih menjadi pro dan kontra bagi orang tua. Anak dengan penyakit jantung bawaan lebih rentan berisiko mengalami infeksi, daripada bayi tanpa penyakit penyerta.

    Spesialis Bedah Toraks Kardiak dan Vaskular dr. Panji Utomo, SpBTKV mengatakan bahwa anak yang mengidap penyakit jantung bawaan sangat boleh mendapatkan imunisasi. Ini karena mereka memiliki kondisi rentan dan harus dilindungi.

    “Jadi pasien dengan penyakit jantung bawaan baik belum dioperasi atau sudah dioperasi itu boleh melakukan imunisasi. Namun memang ada syarat-syaratnya. Yang penting tidak dalam serangan apakah itu spell atau gagal jantung,” ujar dr. Panji seperti dikutip dari akun Instagram RSJPD Harapan Kita, Selasa (9/7/2024).

    Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa pemberian imunisasi pada anak dengan penyakit jantung bawaan bisa dilakukan di fasilitas kesehatan terdekat, asalkan gejalanya terkontrol. Sebaliknya, jika anak memiliki gejala tertentu yang sulit terkontrol, semisal sesak, kurang aktif, bibir dan kuku kebiruan, demam, dan sebagainya, tentu imunisasi pun tidak bisa dilakukan sembarangan, melainkan harus dengan pengawasan ketat dari dokter anak.

    Selain itu, lakukanlah imunisasi sesuai dengan jadwal yang dianjurkan pemerintah. Ini diperlukan sebagai pencegahan terjadinya infeksi seperti TBC, hepatitis B, difteri, pertusis, tetanus, polio, influenza, campak, dan rotavirus.

    “Selama kondisi pasien fit maka bisa dilakukan vaksinasi sesuai dengan jadwal yang diharuskan oleh pemerintah,” kata dr. Panji.

    Saksikan video di bawah ini:

    Kenali Tanda-Tanda Masalah Kulit Jelang Usia Lanjut




    Next Article



    6 Ciri Penyakit Jantung Pria yang Sering Diabaikan, Apa Saja?



    (miq/miq)

    Source link