More

    TPA Cipayung Depok Longsor, Antrean Truk Sampah Mengular

    Liputan6.com, Jakarta – Curah hujan tinggi yang terjadi di wilayah Depok dan pemadatan sampah, menjadi penyebab terjadinya longsor sampah di TPA Cipayung. Akibatnya, terjadi antrian truk sampah untuk memasuki TPA Cipayung.

    Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Abdul Rahman mengakui telah terjadi longsor sampah di TPA Cipayung. DLHK Kota Depok telah mencari tahu penyebab terjadinya longsor salah satunya pengangkutan dan pemadatan menggunakan wheel loader.

    “Namun karena sampah bergerak kemudian turun, jadi itu mungkin yang disebabkan longsoran,” ujar Rahman, Selasa (9/7/2024).

    Rahman menjelaskan, longsor dapat mempengaruhi pembongkaran sampah di TPA Cipayung. Selain itu, curah hujan turut mempengaruhi longsoran sampah di TPA Cipayung.

    “Kalau sampah ditumpuk dan tidak ditekan akan mudah jatuh, sedangkan curah hujan yang tinggi membuat sampah menjadi tidak padat dan menutup lantai manuver atau areal buangan,” jelas Rahman.

    Areal manuver alat berat untuk pemadatan sampah menjadi salah satu penentu percepatan pemadatan sampah. Rahman mencontohkan, apabila areal manuver luas, dibutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk menaikan sampah ke atas gunungan.

    “Setengah jam ini pun akan mempengaruhi antrean armada pengangkut sampah,” terang Rahman.

    Pada prosesnya, lanjut Rahman, TPA Cipayung menyediakan area manuver excavator untuk pembuangan sampah. Setiap sampah yang dibuang dari truk, akan diangkat ke atas menggunakan tiga hingga empat eskavator secara bergantian.

    “Jumlah truk dengan volume sampah itu yang kadang terganggu,” kata Rahman.

    Source link