More

    10 Universitas Terbaik di Asia, ITB & UI Nomor Berapa?




    Jakarta, CNBC Indonesia – Belum lama ini, Times Higher Education (THE) baru saja merilis Asia University Rankings (AUR) 2024. Lima dari universitas asal Cina masuk ke dalam 10 besar.

    Dalam peringkat 100 teratas, China daratan mendominasi dengan 33 universitas, diikuti oleh Korea Selatan dengan 16 universitas. Sementara, dari total 739 universitas, Jepang menjadi negara dengan universitas terbanyak yang terlibat pemeringkatan, yakni 119 universitas.

    Sementara itu, sebanyak dua universitas dari Singapura berhasil menduduki daftar lima besar peringkat universitas terbaik di Asia serta menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang “menghuni” daftar 10 besar.

    Tsinghua University, China; Peking University, China; dan National University of Singapore, Singapura adalah tiga universitas yang berhasil mempertahankan peringkat dari 2023 lalu. Dalam peringkat dunia, Tsinghua University menduduki peringkat ke-12, Peking University berada di peringkat ke-14, dan National University of Singapore di peringkat ke-19.

    Dalam daftar keseluruhan yang mencakup lebih dari 600 perguruan tinggi di Asia, Jepang dilaporkan sebagai negara penyumbang kampus terbaik terbanyak di Asia, yakni sebanyak 119 universitas. Kemudian, diikuti oleh India dengan 91 universitas dan China dengan total 86.

    Adapun, pemeringkatan universitas di Asia ini dilakukan berdasarkan 18 indikator kinerja yang serupa dengan “Times Higher Education World University Rankings”. Indikator kinerja tersebut dikelompokkan menjadi lima bidang, yakni pengajaran, lingkungan penelitian, kualitas penelitian, pandangan internasional, dan industri.

    Berikut daftar 10 universitas terbaik di Asia menurut daftar “Best Universities in Asia 2024” oleh Times Higher Education.

    1. Tsinghua University, China

    2. Peking University, China

    3. National University of Singapore, Singapura

    4. Nanyang Technological University, Singapura

    5. University of Tokyo, Jepang

    6. University of Hong Kong, Hong Kong

    7. Shanghai Jiao Tong University, China

    8. Fudan University, China

    9. Zhejiang University, China

    10. Chinese University of Hong Kong, Hong

    Saksikan video di bawah ini:

    Resistensi Bisnis Kecantikan di Tengah Tantangan Ekonomi Global



    Next Article



    Daftar 10 Universitas Terbaik di Asia, Maaf Tak Ada UI-UGM



    (haa/haa)

    Source link