More

    Warga Zona Biru Paling Panjang Umur, Ini 4 Kebiasaan Makan Mereka



    Daftar Isi



    Jakarta, CNBC Indonesia – Para peneliti menemukan bahwa ada lima wilayah di dunia yang dihuni orang-orang paling panjang umur di dunia. Dijuluki Zona Biru, wilayah yang dimaksud adalah Ikaria, Yunani; Okinawa, Jepang; Wilayah Ogliastra, Sardinia, Italia; Loma Linda, California, Amerika Serikat (AS); dan Semenanjung Nicoya, Kosta Rika. Para peneliti menemukan bahwa rata-rata masyarakat yang tinggal di Zona Biru berusia lebih dari 100 tahun.

    “Saya telah menghabiskan 20 tahun untuk mempelajari orang-orang yang berumur panjang dan saya tahu apa yang mereka lakukan agar bisa berumur panjang,” kata peneliti umur panjang Dan Buettner kepada CNBC Make It.

    Lantas, bagaimana diet panjang umur ala masyarakat Zona Biru? Berikut 4 rangkaian diet alias pola makan yang dibuat dan diterapkan Buettner berdasarkan “resep” Zona Biru demi tetap sehat seiring bertambahnya usia.

    1. Tidak Mengonsumsi Daging

    Buettner mengatakan bahwa sekitar 98 persen menu makanannya adalah berbahan dasar nabati atau tanaman. Bahkan, ia tidak mengonsumsi daging sama sekali, sesuai dengan kebiasaan masyarakat Zona Biru.

    “Saya tidak makan daging sama sekali dan orang-orang di Zona Biru memang sedikit makan daging,” kata Buettner.

    “Saya pikir pola makan panjang umur mungkin memberikan kesempatan untuk makan daging seminggu sekali atau lebih tanpa terlalu membahayakan,” lanjutnya.

    2. Mengonsumsi Kacang saat Sarapan dan Makan Malam

    Berdasarkan hasil penelitiannya, Buettner menemukan bahwa orang yang makan kacang-kacangan dengan porsi secangkir sehari cenderung hidup empat tahun lebih lama daripada yang tidak mengonsumsi kacang dengan porsi tersebut.

    “Saya selalu berusaha menambahkan kacang-kacangan dalam dua menu makan harian saya,” kata Buettner.

    “Saya memulai hari saya dengan Minestrone Sardinia yang mengandung tiga jenis kacang-kacangan dan sekitar lima jenis sayuran,” imbuhnya.

    Selain kacang-kacangan, Buettner juga menambahkan potongan cabai merah yang kaya akan kandungan capsaicin untuk membantu meningkatkan metabolisme. Lalu, ia juga menambahkan sedikit oregano dan rosemary untuk membantu menurunkan peradangan dan meningkatkan antioksidan.

    3. Sering Makan Nabati di Luar Rumah

    Meskipun makan malam di luar rumah bukanlah pola makan untuk memperpanjang umur, Buettner mengaku tetap melakukan hal ini karena merupakan bagian dari rutinitasnya sehari-hari.

    “Sulit untuk makan makanan yang benar-benar sehat saat pergi keluar, ke mana pun Anda pergi,” ujar Buettner.

    Meskipun demikian, Buettner menyebut bahwa ia selalu berusaha untuk selalu mengonsumsi makanan nabati saat berada di luar rumah, seperti kacang cannellini, bayam, dan kentang panggang.

    Biasanya, Buettner sering ke restoran India untuk mengonsumsi ragam jenis menu olahan nabati, seperti tahu kari merah atau hijau dan buncis.

    4. Makan dalam Jangka Waktu 10 hingga 12 Jam

    Buettner mengungkapkan bahwa masyarakat Zona Biru yang berumur panjang cenderung mengonsumsi makanan dalam jangka waktu 10 hingga 12 jam sehari. Dengan demikian, pola makan yang diterapkan hanya dua kali sehari.

    “Saya tahu bahwa orang yang berumur panjang mengonsumsi sebagian besar kalorinya dalam waktu sekitar 10 atau 12 jam. Jadi saya biasanya hanya makan dua kali sehari,” ungkap Buettner.

    Biasanya, Buettner cenderung makan pertama dalam sehari pukul 11.00. Kemudian, makan kedua dalam sehari alias makan malam dilakukan pada pukul 19.00.

    Saksikan video di bawah ini:

    Argentina Juara Copa America 2024, Menang Tipis 1-0 Lawan Kolombia




    Next Article



    Peneliti Ungkap 4 Rahasia Makan yang Bikin Orang Panjang Umur



    (hsy/hsy)

    Source link