More

    Profil Wieteke van Dort, Pelantun Geef Mij Maar Nasi Goreng yang Dikabarkan Meninggal Dunia

    Surabaya (beritajatim.com) – Wieteke van Dort, aktris, komedian, penyanyi, dan penulis kelahiran Surabaya, berpulang di Den Haag, Belanda pada 15 Juli 2024. Kabar duka ini pertama kali disampaikan oleh laman De Telegraaf.

    Pelantun lagu “Geef Mij Maar Nasi Goreng” ini meninggal dunia pada usia 81 tahun, menyusul suaminya, Theo Moody, yang wafat seminggu sebelumnya. Adapun berikut ini profil Wieteke van Dort.

    Kehidupan Awal dan Karir

    Pemilik nama lengkap Louisa Johanna Theodora van Dort ini lahir pada 16 Mei 1943 di Rumah Sakit RKZ Surabaya. Wieteke menghabiskan masa kecilnya di Kota Pahlawan sebelum pindah ke Belanda saat beranjak remaja. Di Belanda, ia mulai mengejar karir di dunia seni dan hiburan.

    Kiprah di Dunia Teater dan Televisi

    Wieteke memulai karirnya di dunia teater, di mana ia dikenal karena bakatnya yang luar biasa. Karirnya kemudian berkembang ke layar kaca dengan tampil dalam berbagai program remaja seperti “Oebele”, “JJ de Bom” (sebelumnya dikenal sebagai “De Kindervriend”), “De Stratemakeropzeeshow”, dan “Het Khuis”.

    Peran Tante Lien dan Karir Multitalenta

    Salah satu peran yang paling dikenang adalah ketika Wieteke memerankan karakter Tante Lien dalam acara “De late late Lien”. Selain berakting, Wieteke juga tampil di panggung sebagai komedian, menunjukkan kemampuannya yang serba bisa di dunia hiburan. Selain itu, ia menulis sepuluh buku dan membintangi banyak serial serta film.

    Wieteke van Dort meninggalkan jejak yang mendalam di dunia seni dan hiburan, baik di Belanda maupun di Indonesia. Sebagai seorang seniman multitalenta, karyanya dikenang oleh banyak orang. Pengabdiannya pada dunia seni dan komitmennya untuk terus berkarya hingga usia senja menjadi inspirasi bagi banyak generasi muda. (fyi/ian)

    Source link