More

    Mensesneg: Semua presiden terdahulu diundang upacara di IKN

    Pihak Istana terbuka jika ada hal-hal menyulitkan yang membuat para presiden terdahulu tidak dapat hadir di IKN.

    Jakarta (ANTARA) – Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan seluruh presiden terdahulu Republik Indonesia akan diundang untuk mengikuti upacara peringatan detik-detik proklamasi di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Sabtu, 17 Agustus 2024.

    “Untuk mantan presiden rencananya kami undang untuk upacara di IKN bersama dengan Bapak Presiden,” ujar Pratikno dalam konferensi pers terkait dengan bulan kemerdekaan di Jakarta, Kamis.

    Meski mengundang seluruh presiden terdahulu ke IKN, pihak Istana terbuka jika ada hal-hal menyulitkan yang membuat para presiden terdahulu tidak dapat hadir di IKN.

    Pihak Istana mempersilakan presiden terdahulu untuk menghadiri dan mengikuti pelaksanaan upacara di Istana Merdeka, Jakarta.

    “Jadi, sementara rencananya begitu. Mantan wakil presiden diundangnya pada upacara di Jakarta,” jelas Mensesneg Pratikno.

    Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menambahkan bahwa sejauh ini undangan untuk presiden dan wakil presiden terdahulu masih dalam proses.

    “Fisiknya mungkin minggu ini, minggu depan,” ujar Heru Budi.

    Baca juga: Tol dari Balikpapan ke IKN ditargetkan bisa difungsikan 17 Agustus

    Baca juga: Menhub: Penerbangan tambahan ke Balikpapan untuk dukung HUT RI di IKN

    Pemberitaan sebelumnya, Mensesneg Pratikno mengatakan bahwa rangkaian bulan kemerdekaan Agustus 2024 akan dibuka dengan pelaksanaan zikir dan doa kebangsaan di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, dan akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo, ulama, dan pemimpin agama serta diikuti oleh lebih dari 3.000 peserta.

    Usai pelaksanaan zikir dan doa kebangsaan, terdapat kegiatan lain seperti tahun-tahun sebelumnya, yakni upacara pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) oleh Presiden Joko Widodo, yang kali ini dilakukan di IKN.

    Selanjutnya, kata dia, upacara penganugerahan tanda kehormatan di Istana Negara di Jakarta, kemudian Pidato Kenegaraan serta penyampaian RAPBN dan Nota Keuangan di Gedung Nusantara, kompleks Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta.

    Menurut dia, yang istimewa dalam kegiatan bulan kemerdekaan tahun ini adalah penyelenggaraan apel kehormatan dan renungan suci di dua tempat, yaitu di Taman Makam Pahlawan Kalibata dipimpin oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dan di Taman Kusuma Bangsa di IKN yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo.

    Apel kehormatan dan renungan suci akan diselenggarakan pada tanggal 17 Agustus pukul 00.00 WIB, kemudian berlanjut Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI pada pagi harinya.

    Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
    Editor: D.Dj. Kliwantoro
    Copyright © ANTARA 2024

    Source link