More

    PUPR sebut 14 rumah menteri siap untuk sidang kabinet perdana di IKN

    Nanti yang mengatur Bapak Menteri Sekretariat Negara, siapa ditempatkan di mana

    Jakarta (ANTARA) – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sekaligus Plt. Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono mengungkapkan 14 Rumah Tapak Jabatan Menteri siap untuk dimanfaatkan oleh para menteri yang menghadiri sidang kabinet perdana di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

    “Sebanyak 14 Rumah Tapak Jabatan Menteri siap untuk dimanfaatkan,” ujar Basuki di Jakarta, Jumat.

    Dia juga mengatakan bahwa terkait penempatan dan pengaturan rumah jabatan tersebut bagi para menteri akan diatur oleh Kementerian Sekretariat Negara.

    “Nanti yang mengatur Bapak Menteri Sekretariat Negara, siapa ditempatkan di mana,” kata Basuki.

    Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo akan mengadakan sidang kabinet bersama para menteri Kabinet Indonesia Maju di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur pada Senin, 12 Agustus 2024.

    Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaporkan sebanyak 14 unit rumah menteri dari total 36 unit sudah siap furnished.

    Rumah tapak jabatan menteri berlokasi di area Persil 105, meliputi kavling 1 hingga 10 yang dilaporkan PUPR rampung 99,75 – 100 persen.

    Sebanyak 36 unit rumah menteri ini terdiri atas bangunan di downslope sebanyak 11 unit dan bangunan upslope sebanyak 25 unit di atas lahan seluas 20,4 hektare.

    Sebanyak 14 unit rumah menteri yang telah terisi perabot, di antaranya akan ditempati Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

    Perabotan tersebut berupa kursi dan meja di ruang makan, kerja dan ruang tamu, dipan dan kasur, lemari pakaian, hingga perlengkapan dapur. Seluruh perabotan merupakan produksi dalam negeri,” katanya.

    Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM) berlokasi di Jalan Sumbu Barat berjarak sekitar 1 kilometer dari Istana Negara IKN.

    Kawasan Rumah Tapak Jabatan Menteri juga telah ditunjang prasarana fungsional, yaitu jalan kawasan di persil 105, persil 105, pedestrian persil 105. Fasilitas pendukung fungsional yaitu pool sampah hingga rumah genset.

    Baca juga: PUPR: Jalan Sumbu Kebangsaan IKN bisa untuk uji coba kereta otonom

    Baca juga: Menhub: Bandara IKN bisa layani penerbangan internasional ke Eropa

    Baca juga: PUPR: Air minum sudah masuk Istana Negara hingga Hotel Nusantara IKN

    Pewarta: Aji Cakti
    Editor: Faisal Yunianto
    Copyright © ANTARA 2024

    Source link