More

    5 Kuliner Unik Legendaris di Gresik yang Tidak Banyak Orang Tahu, Sudah Coba?

    Gresik (beritajatim.com) – Mungkin selama ini masyarakat cenderung lebih mengenal Nasi Krawu dan Otak-otak Bandeng sebagai makanan khas Gresik. Nyatanya ada beberapa kuliner unik dan legendaris yang ada di daerah ini, tetapi tidak banyak orang tahu.

    Adapun berikut ini kuliner unik legendaris di Gresik yang mungkin masih banyak orang yang tidak tahu, di antaranya;

    1. Nasi Roomo

    Sajian Nasi Roomo biasanya berupa nasi atau lontong yg disajikan di daun pisang. Di mana di atasnya diberi sayuran dan disiram bumbu

    kental berwarna oranye atau agak kemerahan yang terbuat dari santan, tepung beras, dan rempah-rempah. Kemudian ditambahkan taburan koya dari parutan kelapa.

    2. Blonyo

    Blonyo merupakan makanan yang berbahan utama teripang atau terung laut yang sudah

    dibersihkan dan dimakan mentah. Biasanya

    disajikan sebagai rujak dan aneka buah-buahan.

    Tapi sebagian orang juga menyukai blonyo dengan campuran urap kelapa yang

    dibumbui dengan terasi. Urap blonyo tidak

    dimasak, hanya disiram air panas

    sebentar. Untuk teksturnya sendiri cenderung kenyal.

    3. Nasi Karak

    Pada menu ini, karak bukan berarti sisaan nasi putih yang dikeringkan. Melainkan nasi ketan hitam yang disajikan dengan parutan kelapa dan serundeng. Lauknya gimbal tempe atau gorengan lainnya. Untuk rasanya sendiri cenderung gurih.

    4. Martabak Usus

    Hampir serupa dengan martabak Madura. Martabak Usus ala warga Gresik yang juga berisikan berbagai varian. Adapun yang paling banyak diminati ialah isian bihun dan usus ayam. Lebih nikmat lagi jika dimakan dengan petis pedas dan juga acar timun.

    5. Wedel Bandeng

    Sesuai namanya, wedel merupakan jeroan atau isi perut bandeng. Jika biasanya jeroan ikan dibuang karena memiliki cita rasa yang pahit. Di Gresik justru dijadikan masakan khusus.

    Wedel Bandeng dimasak dengan cara ditumis dengan aneka bumbu merah yang pedas. Sedangkan untuk teksturnya cenderung lebih lembut dari usus ayam pada umumnya. (fyi/ian)

    Source link