More

    Antisipasi Mpox, RI Datangkan 1.600 Dosis Vaksin dari Denmark




    Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan pemerintah ingin mendatangkan vaksin virus Monkeypox atau Mpox dari luar negeri. Rencananya ada 1.600 dosis yang akan didatangkan.

    Budi Gunadi mengatakan sebelumnya RI sudah mendatangkan 1.000 dosis vaksin pada 2022 lalu dari Denmark saat WHO meningkatkan status pandemi terkait penyakit ini. Sekarang sudah tersisa 40 dosis yang akan digunakan tenaga kesehatan dan petugas lab pada gelaran acara Indonesia – Africa Forum 1 – 3 September mendatang.

    “Ini kita datangkan 1.600 yang baru, harusnya minggu ini datang, dari Denmark,” kata Budi Gunadi usai Rapat Terbatas mengenai penyebaran virus Mpox di Istana Negara, Selasa (27/8/2024).

    Eks Direktur Utama Bank Mandiri itu juga mengatakan pemerintah berencana mendekati pemerintah Jepang supaya mau melakukan ekspor vaksin Mpox ke Indonesia.

    Selain itu, dia juga menerangkan harga pembelian pembelian vaksin dari Denmark yang dilakukan mencapai Rp 3,5 juta untuk satu dosis. Artinya pemerintah mengeluarkan Rp 5,6 miliar untuk 1.600 dosis.

    Budi Gunadi juga mengatakan terkait stok vaksin saat ini ketersediaannya juga tidak terlalu banyak. Namun saat ini banyak negara yang mulai mencari vaksin ini.

    “Jadi nggak bisa kita dapatnya banyak dan memang WHO guidance-nya ini hanya diberikan ke orang-orang yang berisiko tinggi saja. Jadi teman-teman seharusnya selama perilakunya baik harusnya nggak usah takut,” kata Budi Gunadi.

    (miq/miq)

    Saksikan video di bawah ini:

    Video: Atasi Konflik Suami-Istri Demi Rumah Tangga Langgeng Sejahtera





    Next Article



    DPR Panggil Menkes BGS Bahas Efek Samping Vaksin AZ Hingga Isu DBD



    Source link