More

    Wow! Rawon Jawa Timur dan Soto Betawi Masuk Top 50 Kuliner Sup Terbaik Dunia Versi Taste Atlas

    Surabaya (beritajatim.com)– Platform online kuliner dunia asal Kroasia, Taste Atlas, barusaja merilis daftar 50 kuliner sup terbaik dunia (Top 50 Soup’s in the World) edisi Agustus 2024.

    Konon Taste Atlas merupakan website kuliner yang mengklasifikasikan berbagai makanan tradisional maupun modern yang telah dipetakan berdasarkan penilaian pengguna.

    Pada daftar ini, Taste Atlas membagikan makanan terbaik di dunia dalam kategori makanan berkuah. Hal yang bikin terkejut, resep sup khas asli Jawa Timur Indonesia menjadi salah satu di antaranya. Tak terkecuali, terdapat beberapa makanan asal Jawa Timur yang tercatat sebagai makanan berkuah terbaik versi Taste Atlas.

    Sistem penilaian untuk daftar 50 kuliner terbaik dunia didasarkan pada 100.000 penilaian terhadap berbagai makanan dan produk makanan di Taste Atlas.

    Rawon yang berasal dari Kota Surabaya menjadi top 2 meat soup yang dengan elemen kunci buah kluwek.

    Bahan dasar yang digunakan tersebut menyebabkan warna hitam pekat dari kuah rawon. Bumbu khas dari Indonesia ini harus difermentasi terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Buah kluwek digiling dengan bahan rempah-rempah lainnya, untuk kemudian diolah menjadi hidangan rawon yang sedap.

    Proses pembuatan rawon dimulai dengan menyiapkan daging sapi yang dipotong dadu, serta merendam biji kluwek dalam air panas untuk mengeluarkan isinya. Setelah itu, bawang putih dan bawang merah yang telah dihaluskan ditumis dalam minyak goreng hingga harum, kemudian ditambahkan rempah-rempah.

    Daging sapi dimasukkan ke dalam tumisan bumbu dan diaduk hingga berubah warna, kemudian kluwek, ketumbar bubuk, garam, dan gula pasir ditambahkan.

    Rawon biasanya disajikan dengan nasi putih, sambal, dan pelengkap lainnya seperti tauge, daun bawang, dan bawang goreng. Sup ini memiliki cita rasa yang kaya dan mendalam, menjadikannya salah satu hidangan yang banyak disukai di Indonesia.

    Seain rawon, terdapat soto Betawi di posisi top 3 makanan berkuah terbaik versi Taste Atlas. Serupa dengan rawon, soto Betawi juga berasal dari Indonesia, lebih tepatnya yaitu Jawa Barat. [aje]

    Source link