More

    Viral Boneka Labubu, Ini Sosok Pria di Balik Kesuksesannya




    Jakarta, CNBC Indonesia – Akhir-akhir ini, media sosial sedang dihebohkan dengan kehadiran boneka viral bernama Labubu. Boneka ini memiliki banyak karakter dan sering dijadikan gantungan tas populer di kalangan masyarakat.

    Awalnya, boneka ini menjadi viral berkat unggahan Lisa ‘Blackpink’ di akun Instagramnya. Labubu pun kini banyak dicari publik untuk dikoleksi.

    Harga boneka Labubu tidak murah, yakni mulai dari Rp1 juta hingga Rp5 juta untuk edisi kolab terbatas.

    Lantas, siapakah kreator di balik Labubu?

    Melansir Bangkok Post, Labubu lahir dari tangan seniman kelahiran Hong Kong bernama Kasing Lung. Labubu sendiri adalah bagian dari kelompok makhluk yang disebut The Monsters.

    Kasing Lung mengaku terinspirasi oleh cerita rakyat dan imajinasi anak-anak yang tak terbatas sehingga ia menciptakan karakter yang hidup dan dunia yang menyenangkan dengan nuansa misterius.

    Kasing Lung lahir pada tahun 1972, di Hong Kong. Ia dan keluarganya pindah ke Belanda saat usia muda. Saat tumbuh besar di sana, ia mulai tertarik pada kapal feri dan peri yang ditemukan dalam tradisi cerita rakyat Nordik yang memengaruhi karyanya hingga saat ini.




    Kasing Lung. (Instagram/kasinglungFoto: Kasing Lung. (Instagram/kasinglung

    Saat tinggal di Belgia, Kasing bekerja sebagai ilustrator buku anak-anak dan menjadi orang China pertama yang memenangkan Penghargaan Ilustrasi di Belgia. Pada tahun 2010, ia beralih dari ilustrator profesional menjadi desainer mainan.

    Kasing lalu kembali ke Hong Kong pada tahun 2012 untuk bekerja dengan How2work, merek mainan terkenal di Hong Kong untuk menerbitkan buku cerita dan seri figur koleksi.

    Bangkit dan menjadi terkenal

    Karakter populer Labubu dan dunia mistis yang diciptakan Kasing dicetuskan pada 2015. Karakter yang khas tersebut dengan cepat menjadi populer di kalangan pecinta seni hingga akhirnya menarik perhatian publik yang lebih luas dan menjadi sangat dicari.

    The Monsters adalah sekumpulan karakter yang baik dan jahat, termasuk Zimomo, Tycoco, Spooky, dan yang paling terkenal, Labubu.

    Monster yang suka tersenyum dengan telinga yang tinggi dan runcing serta gigi bergerigi, memberikan kesan pertama yang jahat. Dalam cerita Kasing Lung, Labubu adalah karakter baik hati yang selalu ingin membantu tetapi terus-menerus melakukan hal-hal buruk.

    Pada tahun 2019, Kasing Lung menandatangani perjanjian lisensi eksklusif dengan Pop Mart untuk memecahkan rekor penjualan dalam kategori mainan seni.

    Beberapa ilustrasi Kasing Lung termahal yang pernah dilelang adalah untuk “Mon” dan terjual seharga HK$330.200 (Rp 652 juta) pada Maret 2024.

    (hsy/hsy)

    Saksikan video di bawah ini:

    Video: Laju Bisnis Body Cara Saat Daya Beli Warga RI Melemah

    Source link