More

    Menengok Visi-Misi Pramono-Rano: Jadikan Jakarta Pusat Ekonomi Nasional

    Liputan6.com, Jakarta – Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta Pramono Anung- Rano Karno memfokuskan pada empat aspek dalam visi misinya. Empat aspek itu Manusia, Ekonomi, Pemerintah dan Lingkungan Hidup.

    Dalam dokumen 23 halaman yang diterima, Minggu (15/9/2024),  visi paslon tersebut yakni Daerah Khusus Jakarta berlandaskan pada cita-cita untuk menjadikan Jakarta sebagai pusat perekonomian nasional serta kota global yang berdaya saing dan berkelanjutan. 

    Dalam mencapai visi ini, Jakarta berupaya mendukung pencapaian tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdaulat, maju, dan berkelanjutan, sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

    Dengan mengacu pada Undang-Undang No. 2 tahun 2024, Jakarta berkomitmen untuk bertransformasi menjadi kota yang tidak hanya maju dalam aspek ekonomi, tetapi juga menjunjung tinggi keadilan sosial. Hal ini tercermin dalam RPJPD DKI Jakarta, yang menekankan pentingnya keberlanjutan dalam setiap aspek pembangunan, baik ekonomi maupun sosial.

    Sementara misi, mengedepankan empat dimensi utama. Untuk  Dimensi Manusia: 

    Mengutamakan pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas, berdaya saing, dan mampu beradaptasi dengan perubahan global.

    Distribusi Ekonomi:

    Memastikan pemerataan pembangunan ekonomi di seluruh wilayah Jakarta, sehingga menciptakan kesejahteraan yang merata bagi seluruh masyarakat.

    Dimensi Pemerintahan: 

    Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang transparan, akuntabel, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

     

    Source link