More

    Ahmad Ali Disebut Jadi Kuda Hitam di Pilkada Sulteng 2024

    Pakar Kebijakan Publik Trubus Rahadiansyah menilai program asuransi pertanian, peternak, hingga nelayan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Ahmad Ali-Abdul Karim Aljufri (AKA) di Pilkada Sulawesi Tengah (Sulteng) bisa menjadi pilot project bagi daerah berbasis pertanian yang lain.

    “Program Ahmad Ali-AKA ini bisa jadi pilot project dan ditiru oleh daerah lain terutama yang berbasis pertanian hingga perikanan seperti Sulteng,” kata Trubus.

    Menurut Trubus, asuransi pertanian hingga nelayan selama ini adalah kebijakan terbatas. Sehingga, jika ada kepala daerah yang mau mengembangkan kebijakan tersebut lebih luas cover atau cakupannya sangat potensial membantu seluruh masalah petani hingga nelayan yang selama ini belum diperhatikan di tingkat daerah.

    “Cakupan perlindungan untuk petani hingga nelayan harus diperluas jangan hanya padi atau sapi saja. Atau jumlah kerugian yang dibayar juga harus membuat untung mereka. Disesuaikan sama kebutuhan petani dan nelayan di daerah tersebut,” kata Trubus.

    Source link