More

    Penjelasan Doom Spending yang Bikin Gen Z & Milenial Cepat Miskin




    Jakarta, CNBC Indonesia – Dalam kehidupan sosial, sebagian besar orang dari kelompok Generasi Z dan Milenial hobi menghabiskan uang untuk membeli barang-barang mewah daripada menabung. Biasanya, hal tersebut dilakukan sebagai “self reward” atau penghargaan kepada diri sendiri setelah bekerja keras dan juga mengobati rasa khawatir.

    Ternyata, kebiasaan berbelanja secara impulsif demi menenangkan diri akibat perasaan pesimis terkait ekonomi dan masa depan ini disebut “doom spending“. Jika tak terkontrol, kebiasaan “doom spending” ini bisa membuat Generasi Z dan Milenal lebih cepat miskin daripada generasi lainnya.

    Melansir dari CNBC Make It, dosen senior keuangan di King’s Business School dan mantan bankir, Ylva Baeckstrom mengungkapkan bahwa “doom spending” adalah hal yang tidak sehat dan fatal. Baecktrom menyebut, hal ini akibat paparan berita buruk melalui media sosial.

    “Hal ini membuat mereka merasa seperti akan kiamat,” kata Baekstrom, dikutip Rabu (25/9/2024).

    “Para anak muda ini kemudian menerjemah perasaan buruk tersebut menjadi kebiasaan belanja yang buruk,” sambungnya.

    Gen Z dan Milenial: Generasi yang Paling Cepat Miskin

    Menurut hasil Survei Keamanan Finansial International Your Money CNBC yang dilakukan oleh Survey Monkey, hanya sebanyak 36,5 persen orang dewasa di dunia yang merasa lebih baik secara finansial daripada orang tua mereka. Sementara itu 42,8 persen lainnya merasa bahwa mereka sebenarnya lebih buruk daripada orang tua mereka. Hasil ini diperoleh dari survei terhadap 4.342 orang dewasa di seluruh dunia.

    “Generasi yang tumbuh sekarang adalah generasi pertama yang akan lebih miskin daripada orang tua mereka untuk waktu yang sangat lama,” tegas Baeckstrom.

    “Ada perasaan bahwa Anda mungkin tidak akan pernah bisa mencapai apa yang dicapai orang tua Anda,” lanjutnya.

    Akibatnya, pengeluaran untuk hal-hal tidak penting menciptakan ilusi kendali di dunia yang terasa seperti tidak terkendali.

    “Namun yang sebenarnya terjadi adalah hal itu membuat Anda kehilangan kendali di masa depan. Sebab, jika Anda menyimpan uang dan menginvestasikannya, Anda mungkin benar-benar bisa membeli rumah,” ujar Baeckstrom.

    Alasan Generasi Z dan Milenial Boros: Rasa Ingin Melarikan Diri




    Ilustrasi pekerjaFoto: Brooke Cagle via Unsplash
    Ilustrasi Gen Z

    Pendiri startup asal Silicon Valley, Daivik Goel mengaku bahwa kebiasaan boros yang kerap dilakukannya, seperti membeli pakaian mewah, produk teknologi terbaru, hingga berfoya-foya berawal dari rasa tidak puas dengan pekerjaan dan tekanan dari teman sebayanya.

    “Semua itu hanya perasaan ingin melarikan diri,” kata Goel yang berusia 25 tahun.

    “Orang-orang menyadari bahwa menabung untuk membeli rumah akan memakan waktu yang sangat lama. Jadi, menghabiskan uang untuk barang lain akan menjadi pilihan,” sambungnya.

    Goel mengaku, kebiasaan borosnya telah hilang setelah ia menemukan kebahagiaan dalam pekerjaannya. Menurut dia, bahagia dengan pekerjaan dapat mengubah pola pikirnya.

    Cara Mengatasi Boros: Pahami Hubungan dengan Uang

    Baeckstrom mengatakan, salah satu cara utama untuk mengatasi kebiasaan boros adalah memahami hubungan Anda dengan uang. Ia mengatakan, hubungan dengan uang seperti hubungan dengan orang lain, yakni dimulai sejak masa kanak-kanak dan membuat orang membentuk berbagai jenis keterikatan.

    “Jika Anda merasa memiliki keterikatan yang aman dengan uang, Anda dapat membuat penilaian yang baik terhadap sesuatu. Anda mengumpulkan pengetahuan dan Anda dapat mengevaluasinya,” kata Baeckstrom.

    “Namun jika merasa tidak aman maka Anda cenderung tergoda untuk melakukan perilaku belanja yang tidak sehat ini,” lanjutnya.

    Menurut Baeckstrom, sikap-sikap ini berasal dari bagaimana cara seseorang dibesarkan, seperti apakah mereka kaya atau miskin, bagaimana keluarga mengelola uang, dan siapa yang mengendalikannya.

    Warga Kolombia berusia 28 tahun, Stefania Troncoso Fernandez mengaku bahwa ia cenderung boros karena kekurangan literasi keuangan. Fernandez mengaku, ayahnya tumbuh dalam kemiskinan dan ia tidak pernah didorong untuk menabung.

    Pendiri dan COO platform pengembangan kekayaan, Samantha Rosenberg mengatakan bahwa membuat transaksi menjadi “lebih nyata” dan sulit bisa membuat seseorang mempertimbangkan untuk lebih baik tidak berbelanja.

    Menurutnya, melihat dan berbelanja secara langsung alias bukan melalui e-commerce bisa mencegah kebiasaan belanja impulsif. Selain itu, menyalakan notifikasi transaksi pada ponsel juga bisa membuat seseorang menyesal saat berbelanja.

    “Titik-titik keputusan tambahan, seperti memilih dan pergi ke toko, mengevaluasi barang secara langsung, dan harus mengantre untuk membelinya akan membantu Anda untuk memperlambat dan berpikir lebih kritis soal belanja,” kata Rosenberg.

    Dengan demikian, ia pun merekomendasikan setiap individu untuk kembali menggunakan uang tunai alih-alih non-tunai. Menurutnya, metode pembayaran non-tunai justru meningkatkan pengeluaran yang tidak perlu akibat terlalu mudah dan cepat.

    (hsy/hsy)

    Saksikan video di bawah ini:

    Video: Daya Beli Ambruk, Bisnis Klinik Kecantikan Laju Terus


    Source link