More

    8 Kebiasaan Sehat yang Kasih Tambahan Umur Hingga 24 Tahun




    Jakarta, CNBC Indonesia – Memiliki umur yang panjang dan tubuh sehat adalah keinginan banyak orang. Untuk mewujudkannya, perlu adanya usaha seperti menerapkan gaya hidup sehat.

    Mengutip Medical News Today, sebuah studi observasional telah menemukan kebiasaan-kebiasaan sederhana yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk menambah usia hingga 24 tahun.

    Para peneliti menggunakan data dari catatan medis dan kuesioner dari 719.147 orang yang terdaftar dalam Veterans Affairs Million Veteran Program MVP, sebuah program penelitian kesehatan yang berfokus pada lebih dari satu juta veteran Amerika Serikat. Penelitian ini dirancang untuk membantu para peneliti mempelajari bagaimana gen, gaya hidup, pengalaman militer, dan paparan memengaruhi kesehatan dan kesejahteraan.

    Xuan-Mai T. Nguyen, seorang spesialis ilmu kesehatan di Department of Veterans Affairs dan mahasiswa kedokteran tahun keempat di Carle Illinois College of Medicine di Illinois mempresentasikan penelitian di Nutrition 2023, yakni pertemuan tahunan utama American Society for Nutrition di Boston, Massachusetts.

    Adapun delapan kebiasaan yang diidentifikasi, yakni:

    – rajin olahraga

    – tidak merokok

    – mengelola stres

    – menjaga pola makan yang baik

    – tidak minum alkohol secara berlebihan secara teratur

    – menjaga kebersihan tidur yang baik

    – membangun hubungan sosial yang positif

    – tidak mengembangkan kecanduan opioid

    Kebiasaan yang menambah rentang hidup

    Nguyen mengatakan, veteran yang mengadopsi kedelapan kebiasaan tersebut mengalami penurunan kematian akibat penyebab apa pun sebesar 13% dibandingkan dengan mereka yang tidak mengadopsi satu pun dari delapan kebiasaan tersebut.

    Penelitian tersebut menemukan bahwa pria yang telah mengadopsi kedelapan kebiasaan tersebut pada usia 40 tahun diprediksi akan hidup 24 tahun lebih lama, secara rata-rata, dibandingkan dengan pria yang tidak mengadopsi satu pun dari kebiasaan tersebut.

    Wanita yang telah mengadopsi kedelapan kebiasaan tersebut pada usia 40 tahun akan hidup 23 tahun lebih lama secara rata-rata dibandingkan dengan mereka yang tidak mengadopsi satu pun.

    “Pesan yang dapat diambil yakni para veteran yang berkomitmen untuk melakukan perubahan moderat menuju gaya hidup yang lebih sehat selama usia paruh baya dapat memperpanjang harapan hidup mereka,” ungkap Nguyen kepada Medical News Today.

    Para peneliti menemukan bahwa aktivitas fisik yang rendah, penggunaan opioid, dan merokok memiliki dampak terbesar pada rentang hidup seseorang. Selama periode penelitian, kebiasaan-kebiasaan ini dikaitkan dengan risiko kematian 30% hingga 45% lebih tinggi.

    Stres, minum alkohol secara berlebihan, pola makan yang buruk, dan kebersihan tidur yang buruk dikaitkan dengan peningkatan risiko kematian sekitar 20-30% selama periode penelitian. Sebagai perbandingan, kurangnya hubungan sosial yang positif dikaitkan dengan peningkatan risiko kematian sebesar 5%.

    (hsy/hsy)

    Saksikan video di bawah ini:

    Video: Hampir 20 Juta Orang Indonesia Kena Diabetes




    Next Article



    Jangan Ulangi! 5 Kebiasaan Ini Bikin Kolesterol Cepat Naik



    Source link