More

    Minuman Alami yang Dapat Membantu Memperlancar BAB Menurut Ahli Diet

    Jakarta, CNBC Indonesia – Mengalami kesulitan buang air besar atau sembelit dapat membuat perut tidak nyaman. Hal ini juga dapat mengakibatkan masalah kesehatan jika tidak ditangani.

    Selain mengonsumsi buah-buahan yang tinggi serat, ada beberapa minuman yang efektif untuk mengatasi sembelit. Selain air putih untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, ahli diet Lauren Manaker mengatakan bahwa kopi dan jus buah plum adalah dua minuman terbaik untuk mengatasi sembelit.

    Dilansir dari Eat This Not That, ada beberapa alasan mengapa minum kopi di pagi hari dan jus buah plum dapat membantu melancarkan buang air besar.

    1. Kopi

    Pertama, minum kopi berinteraksi dengan sistem pencernaan Anda. Menurut Manaker, kopi dapat merangsang saluran pencernaan, yang meningkatkan gerakan usus untuk mendorong isi keluar. Dengan kata lain, minum kopi membuat otot usus berkontraksi, yang biasanya mengakibatkan buang air besar. Kopi juga dapat meningkatkan produksi asam lambung, yang membantu pencernaan. Baik kopi berkafein maupun tanpa kafein mengandung asam yang meningkatkan produksi hormon tertentu yang mempercepat gerakan usus.

    2. Jus Buah Plum

    Jika Anda tidak suka kopi, jus buah plum juga dapat menjadi alternatif yang baik. Sebuah studi menunjukkan bahwa jus buah plum mengandung senyawa fenolik yang tinggi, seperti asam neoklorogenik dan klorogenat, yang berfungsi sebagai pencahar alami dan meningkatkan fungsi usus. Hal ini dapat meningkatkan frekuensi buang air besar. Sorbitol, yang merupakan gula alami dalam buah plum, bekerja sebagai pencahar dengan menarik air ke dalam usus dan melunakkan tinja.

    Jadi, baik minum kopi di pagi hari maupun menjus buah plum dapat membantu melancarkan buang air besar dan mengatasi sembelit. Tetaplah terhidrasi dengan air putih dan pastikan untuk memperhatikan reaksi tubuh terhadap minuman tersebut.

    Source link