More

    Malaysia Mulai Gencar Meniru Timnas Indonesia dalam Memburu Pemain Keturunan

    Jakarta, CNBC Indonesia – Malaysia mulai aktif dalam mengejar pemain keturunan. Kali ini mereka menemukan ikatan keturunan Malaysia pada salah satu pemain Liga Premier Inggris (EPL) yakni Elliot Morgan Thorpe di Luton Town.
    Hal ini sesuai dengan pernyataan Presiden Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM), Datuk Hamidin Mohd Amin yang menegaskan pedoman ketat bagi setiap pemain keturunan yang ingin mewakili Malaysia. Hal ini terkait dengan upaya naturalisasi di Malaysia.

    “Keturunan atau bukan, jika manajer tim sepak bola Malaysia, Kim Pan-gon menganggapnya sebagai yang terbaik, maka pilihlah. Jika menurutnya Stuart Wilkin lebih layak dari pemain lain, maka dia juga dipanggil,” ujar dia seperti dilansir Makanbola, dikutip Sabtu (11/5/2024).

    Thorpe sendiri merupakan pemain kelahiran Welsh-Malaysia yang saat ini memimpin lini tengah Luton Town dan pernah berlatih di beberapa akademi terkemuka di Inggris. Pemain berusia 23 tahun ini dapat bermain di beberapa posisi serangan seperti gelandang, gelandang serang, dan juga bek sayap.

    Menurut laporan Frfuturetalents, Elliot memiliki hubungan darah dengan Malaysia melalui nenek kandungnya namun dia masih bisa mewakili Wales karena ikatan dengan ibunya. Pemain yang lahir di Hinchingbrooke, Inggris ini pernah membela tim Wales U-21 selain beberapa penampilan bersama tim tersebut musim ini.

    Sebelumnya, Timnas Indonesia juga fokus pada naturalisasi pemain seperti Calvin Verdonk dan Jens Raven. Ketua umum PSSI, Erick Thohir mengungkapkan bahwa setelah menyelesaikan penanganan status kewarganegaraan Maarten Paes, pihaknya akan segera menyelesaikan proses naturalisasi Verdonk dan Raven. Kedua pemain ini berasal dari Belanda dan memiliki garis keturunan Indonesia.

    Hingga saat ini, proses naturalisasi yang paling sering didengar adalah Verdonk. Pemain keturunan Meulaboh, Aceh ini sedang menjalani proses naturalisasi untuk bisa membela Timnas Indonesia. Raven yang memiliki darah Indonesia dari neneknya, sedang bermain untuk Dordrecht U-21 sebagai penyerang tengah.

    Erick menegaskan bahwa proses naturalisasi pemain tidak akan dilakukan secara sembarangan.

    Sumber: CNBC Indonesia

    [Gambas:Video CNBC]

    Artikel Selanjutnya
    Jadwal Lengkap Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, Mulai Senin Ini!

    (wur)

    Source link