More

    Korea Selatan Diguncang oleh Skandal Burning Sun yang Mencuat dalam Film Dokumenter Terbaru

    Jakarta, CNBC Indonesia – Dunia K-Pop sedang ramai dengan kehadiran sebuah film dokumenter tentang skandal Burning Sun yang terungkap pada tahun 2019. Burning Sun adalah skandal klub malam yang melibatkan selebriti Korea Selatan.

    Dokumenter yang dirilis oleh BBC pada Minggu (19/5/2024) mengungkapkan rekaman yang mengejutkan dan menghebohkan warganet. Salah satunya adalah skandal seks yang melibatkan musisi Jung Joon-young, yang sebelumnya dipenjara selama lima tahun atas kejahatan seks, termasuk pemerkosaan, merekam aktivitas seksual, dan menyebarkan secara ilegal.

    Kejahatan Jung Joon-young terkuak lebih lanjut setelah pesan singkatnya bocor oleh sumber anonim dan memberikan data ponsel Joon-young kepada reporter hiburan SBS, Kang Kyung-yoon.

    Data dari ponsel Joon-young berisi pesan singkat melalui KakaoTalk pada tahun 2015 dan 2016 yang berisi foto dan video korban yang tidak sadarkan diri akibat pengaruh obat. Kasus ini juga melibatkan sejumlah artis Kpop lainnya, termasuk gitaris FT Island, Choi Jong-hoon.

    Pesan tersebut juga membuktikan bahwa Jung Joon-young, Choi Jong-hoon, dan pelaku lainnya melakukan pemerkosaan secara beramai-ramai terhadap sejumlah korban perempuan. Selain itu, Seungri, mantan anggota boy group BIGBANG, juga terlibat dalam grup chat tersebut dan pernah ditahan selama 18 bulan terkait kasus prostitusi dan tujuh dakwaan lainnya.

    Para perempuan yang menjadi korban kejahatan tersebut terjadi di klub Burning Sun di daerah Gangnam, Seoul. Kejahatan ini terjadi di ruangan VIP Burning Sun yang diketahui tidak bisa didengar oleh orang lain di dalam klub.

    Dokumenter BBC ini juga mengungkap alasan mengapa artis Kpop merasa kebal hukum atas tindakan mereka. Mereka diduga dilindungi oleh polisi korup yang memiliki kekuasaan di institusi tersebut.

    Skandal Burning Sun pertama kali terkuak pada 28 Januari 2019 ketika ada laporan tentang dugaan penyerangan terhadap pengunjung klub Burning Sun. Hasil penyelidikan polisi mengungkap keterlibatan klub dalam penyelundupan narkotika, korupsi, suap polisi, dan prostitusi.

    Artikel Selanjutnya: Aktor ‘Parasite’ Lee Sun Kyun Meninggal, Diduga Bunuh Diri.

    (miq/miq)

    Source link