More

    Dear Kaum Mahasiswa, Begini Cara Mendapatkan UKT Murah


    Jakarta, CNBC Indonesia – Melanjutkan pendidikan tinggi membutuhkan biaya tidak sedikit. Hal ini tentu menjadi beban yang cukup besar bagi keluarga dan mahasiswa.

    Namun, jangan khawatir, karena ada beberapa tips untuk mendapatkan UKT murah. Berikut penjelasan lengkapnya sebagaimana dikutip CNBC Indonesia dari berbagai sumber:

    1. Daftar perguruan tinggi kedinasan
    Anda bisa mengikuti dan lulus di perguruan tinggi kedinasan. Sekolah ikatan dinas menjadi pilihan utama bagi siapa saja yang ingin melanjutkan kuliah dengan biaya yang minim bahkan gratis.

    Biasanya, perguruan tinggi kedinasan ini memerlukan kontrak kerja yang harus dipatuhi oleh mahasiswa selama beberapa tahun setelah lulus.

    Keuntungan lainnya adalah mahasiswa yang telah lulus dari perguruan tinggi kedinasan langsung mendapatkan pekerjaan dan terikat di institusi tertentu. Namun, dalam memilih jalur ini, perlu dipertimbangkan juga apakah jurusan yang diinginkan tersedia di perguruan tinggi kedinasan.

    2. Pilih universitas dengan biaya termurah
    Tips dapat UKT murah berikutnya adalah memilih kampus dengan biaya kuliah termurah di daerah tujuan. Anda bisa mencari tahu dulu biaya masing-masing kampus untuk mendapatkan biaya yang sesuai kemampuan.

    3. Ikuti jalur SNMPTN atau SBMPTN
    Anda juga bisa mengikuti perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Pada umumnya, biaya uang muka dan biaya semester di PTN lebih terjangkau karena adanya subsidi.

    Jika siswa memiliki prestasi yang baik di sekolah, pilih jalur SNMPTN. Jalur ini didasarkan pada nilai serta rekomendasi dari sekolah. Sedangkan jalur SBMPTN bisa diikuti lewat ujian tulis berbasis komputer (UTBK).

    Dalam memilih jalur ini, perlu diperhatikan juga apakah jurusan yang diinginkan tersedia di PTN yang menjadi pilihan.

    4. Pilih jurusan kuliah dengan biaya termurah
    Jika Anda memiliki keterbatasan biaya dan sangat ingin kuliah di universitas negeri tersebut, sebaiknya cek jurusan kuliah mana yang memiliki biaya paling terjangkau. Umumnya, setiap universitas akan mengumumkan biaya UKT (Uang Kuliah Tunggal) di setiap jurusan terlebih dahulu.

    Meskipun biaya UKT terbagi menjadi 7 kelompok dan tidak ada yang bisa memperkirakan kelompok mana yang akan dimasuki, namun perbedaan biaya UKT di setiap jurusan biasanya sangat mencolok. Dengan begitu, Anda dapat memilih jurusan yang menawarkan biaya kuliah paling murah.

    5. Beasiswa
    Memperoleh beasiswa adalah salah satu tips dapat UKT murah. Beberapa jenis beasiswa meliputi beasiswa akademik, beasiswa prestasi, beasiswa sosial, beasiswa olahraga, dan banyak lagi.

    Cari tahu jenis beasiswa yang ditawarkan oleh perguruan tinggi dan pastikan kamu memenuhi syarat untuk mendaftar.

    Untuk mendapatkan beasiswa, mahasiswa harus memiliki prestasi yang bagus selama sekolah dan ujian di kampus. Oleh karena itu, siapkan diri dengan belajar dan pertahankan prestasi.

    [Gambas:Video CNBC]

    Artikel Selanjutnya

    Jokowi Mau Penerima LPDP Meningkat 5 Kali Lipat

    (miq/miq)


    Source link