More

    Simak Manfaat, Tips, Hingga Syarat Donor Darah


    Jakarta, CNBC Indonesia – Hari donor darah sedunia diperingati setiap tanggal 14 Juni. Lantas, apa saja manfaat hingga syarat donor darah?

    Praktisi Kesehatan Dokter Ngabila Salama mengatakan, donor darah dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah, menurunkan risiko kanker, membantu menurunkan berat badan, mendeteksi penyakit serius, dan membuat lebih sehat secara psikologis dan memperpanjang usia.

    “Selain itu juga merasa bahagia karena telah berbuat kebaikan, juga mendapat amal ibadah. Donor darah juga dapat menyeimbangkan zat besi dalam darah sehingga mencegah penyakit jantung, stroke, dan pembuluh darah lainnya,” katanya dalam pesan singkat yang diterima CNBC Indonesia, Jumat (14/6/2024).

    Menurut Ngabila, donor darah juga dapat menurunkan kadar Hb dalam darah, pembaharuan sel darah merah rutin untuk mencegah penuaan dini, dan membakar kalori secara teratur.

    Lalu, apa saja tips sebelum melakukan donor darah? Ngabila menjelaskan, pendonor bisa tidur cukup minimal 7 jam selama tiga hari sebelum melaksanakan donor, tidak minum obat-obatan apa pun satu hari sebelum donor, dan gunakan baju yang nyaman terutama pada lengan untuk penusukan jarum donor.

    Kemudian perbanyak minum air putih terutama 24 jam sebelum donor sekitar 2-3 liter per hari atau setara 10 gelas per hari. Untuk muslim, lanjut Ngabiila, bisa minum air putih 1 gelas sebelum dan sesudah shalat.

    Ngabila pun menyarankan makanan yang bernutrisi dan tinggi zat besi disarankan, hindari minuman bersoda dan alkohol, dan terlalu banyak konsumsi daging merah berlebihan.

    “Minum air putih tiga gelas sebelum donor disarankan. Jangan melakukan olahraga berat sebelumnya. Sebelum donor usahakan sudah konsumsi makanan 3- 4 jam sebelum donor, jika Hemoglobin terbiasa tinggi, maka kurangi sayuran hijau, santan dan daging 3 hari sebelum donor (mengandung zat besi tinggi), dan jika Hemoglobin terbiasa rendah dibawah 12 mengkonsumsi makanan dengan zat besi tinggi,” kata Ngabila.

    Terkait persiapan donor darah, dia mengatakan, pendonor bisa memastikan kondisi tubuh sehat/bugar/fit, bawa identitas diri atau kartu donor, dan jangan melakukan donor jika tubuh merasa lelah.

    “Setelah donor istirahat 10 menit sebelum melakukan aktivitas lain, jangan membuka plester dalam beberapa jam, juga untuk menghindari bengkak karena bekas jarum hindari mengangkat benda berat selama 12 jam, dan perbanyak minum air putih sesudah donor,” ujar Ngabila.

    Berikut adalah syarat donor darah:

    1. Sehat jasmani dan rohani
    2. Usia 17 – 60 tahun untuk donor yang pertama kali
    3. BB minimal 45 Kg
    4. Tekanan darah kisaran 90/60 sampai 160 / 100 mmHg
    5. Hb 12,5 – 17 g / dL
    6. Denyut nadi 50 – 100 kali per menit
    7. Suhu tubuh normal 36,5 – 37,5 derajat celsius
    8. Tidak sedang konsumsi obat-obatan khusus
    9. Lolos skrining kesehatan

    [Gambas:Video CNBC]

    Artikel Selanjutnya

    Jangan Anggap Sepele Insomnia, Bisa Tingkatkan Risiko Stroke!

    (miq/miq)


    Source link