More

    Heboh War ‘Torpedo’ Kambing Pasca Kurban, Ahli Ingatkan Ini


    Jakarta, CNBC Indonesia – Rebutan ‘torpedo’ kambing selalu menjadi perbincangan hangat di tengah perayaan kurban dan Idul Adha. Masih ada ada sebagian pria yang mengincar torpedo kambing.

    Alasannya, diyakini bisa mendongkrak libido dan vitalitas seksual. Torpedo merupakan sebutan untuk testis hewan kurban, yang tentunya jumlahnya lebih terbatas dibandingkan daging dari bagian tubuh lain.

    Peminatnya pun sebenarnya tidak banyak, hanya kalangan tertentu yang meyakini bagian tersebut punya efek tertentu pula.

    Para pakar sebenarnya sudah berulang kali menyampaikan, anggapan bahwa torpedo punya efek pada libido adalah mitos. Tidak ada bukti ilmiah yang cukup valid yang mendukung anggapan tersebut. “Sama sepeti jeroan lainnya, torpedo mengandung kolesterol dan senyawa purin yang tidak berhubungan dengan libido,” kata praktisi kesehatan dr Aru Ariadno, SpPD-KGEH, mengutip Detikcom, Selasa (18/6/2024).

    Justru karena mengandung kolesterol, torpedo sebagaimana disampaikan dr Aru sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan pada orang-orang dengan riwayat kolesterol dan asam urat tinggi. Anjuran serupa juga berlaku untuk jenis jeroan lain.

    Meski tak didukung bukti ilmiah yang kuat, minat terhadap torpedo kambing pada kenyataannya memang ada. Beberapa orang, khususnya pria, menyempatkan diri ‘nge-war’ alias berburu torpedo saat momen kurban tiba.

    Salah satunya Fadil Zuhri (25), seorang warga yang berburu torpedo di kawasan Cipulir, Jakarta Selatan. Kepada detikcom, ia menceritakan pengalaman ‘nge-war’ torpedo yang stoknya memang relatif terbatas. “Jadi kita main cepat-cepatan dapatnya. Kalau misalnya dapat ya syukur, kalau misalnya nggak ya kita geser nyari lagi gitu,” tuturnya.

    “Kita datang dari pagi, setelah sholat. Ya sekitar jam 7 atau 8 udah standby pas pemotongannya,” sambungnya.

    Karena memang tidak didukung bukti ilmiah yang valid, alasan para pria berlomba-lomba mendapatkan torpedo kambing juga bervariasi dan tidak semua mengharapkan efeknya pada libido. Ada juga yang mencarinya sekadar karena rasa dan teksturnya yang unik, atau karena alasan lain.

    Begitupun Fadil, yang memang masih lajang alias belum menikah. Tentunya bukan libido yang ia kejar, tetapi efek lain yang ia yakini bisa mendongkrak stamina.

    “Kalau saya pribadi ya, ngerasa kayak lebih bertenaga aja, jadi lebih segar di tubuh. Kalau misal kayak tadi tuh, libido gitu saya nggak tahu, cuman ke badan jadi lebih enak. Mungkin efeknya ke orang lain bisa aja beda,” katanya.

    Fadil mengaku, dirinya mengonsumsi torpedo kambing bukan hanya pada saat Idul Adha. Ia kerap mengonsumsinya pada momen apapun, karena memang memelihara kambing dan sapi.

    [Gambas:Video CNBC]

    Artikel Selanjutnya

    Kurban Sapi Patungan atau Kambing Sendirian, Mana Paling Utama?

    (pgr/pgr)


    Source link