More

    Ada Pasukan Majapahit di Banyuwangi, Lokasinya di Bawah Laut

    Banyuwangi (beritajatim.com) – Baru-baru ini muncul sebuah pemandangan menarik di bawah laut Banyuwangi. Ada pasukan Majapahit atau Majapahit Warior yang terletak di kawasan wisata Bangsring Underwater, Kecamatan Wongsorejo.

    Selain itu, ada juga monumen Mas Bagus Wangsakarya di sekitar lokasi setempat. Hal ini menjadi tambahan ragam menarik wisata bahari di Banyuwangi.

    Majapahit’s Warior Underwater berisi belasan patung berupa Gajahmada dan para prajurit berserta gapuranya. Letaknya, di bawah laut dengan kedalaman sekitar 2,5 meter.

    Khusus para wisatawan, dapat menikmati pemandangan bawah laut terbaru itu dengan cara diving atau snorkeling.

    Pj Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono hadir menandai peresmian pemandangan bawah laut di Selat Bali itu.

    “Ini adalah ikon spot tourism yang baru yang memang masih belum banyak ada di Jawa Timur,” kata Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono saat peresmian Majapahit’s Warior Underwater dan monumen Mas Bagus Wangsakarya dalam rangkaian Hari Jadi ke-79 Jatim.

    Menurut Adhy, patung para prajurit Majapahit di bawah laut itu bukan hanya sekedar penunjang wisata. Tetapi juga bernilai edukasi karena temanya menarik mengungkit sejarah kerajaan Majapahit.

    “Bahwa Jawa Timur dikenal sebagai Bumi Majapahit, maka kami harus mewujudkan sesuatu yang yang betul-betul riil dengan adanya diorama patung yang bisa menggambarkan kejayaan Majapahit sebagai penguasa Nusantara pada zamannya,” tuturnya.

    Penambahan atraksi wisata itu, kata Adhy, sekaligus mendorong kunjungan wisata ke Jatim, khususnya ke Banyuwangi. Apalagi, pariwisata di Jatim tengah bergeliat.

    “Perlu diketahui jumlah kunjungan wisatawan Jatik meningkat dari tahun 2023 sampai September 2024 itu meningkat sebesar 77,33 persen. Dan sektor ini bisa membawa kekuatan ekonomi baru ya bagi kabupaten-kabupaten yang memiliki potensi wisata,” lanjutnya.

    Bangsring Underwater Banyuwangi dipilih sebagai tempat peletakan patung Majapahit’s Warior Underwater juga bukan tanpa alasan. Menurut Adhy, pariwisata Banyuwangi merupakan salah satu penunjang pariwisata Jatim.

    “Perekonomian Banyuwangi juga ditopang dengan wisatanya. Sementara Pantai Bangsring ini manajemennya bagus dan memang tempat yang betul-betul terkenal sebagai underwater,” ungkap dia. [rin/beq]

    Source link