More

    Terungkap! 10 Obat Merusak Jantung & Ginjal, Beredar di Wilayah Ini




    Jakarta, CNBC Indonesia – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) merilis daftar terbaru 10 obat herbal berbahaya yang dapat memicu kerusakan jantung sampai dengan gagal ginjal. Adapun menurut BPOM, sebagian besar obat berbahaya itu banyak beredar di Bandung dan Depok, Jawa Barat.

    Perlu diketahui, setiap obat yang dikonsumsi akan melewati organ ginjal. Tentu kesehatan tubuh akan terganggu bila ginjal tidak bekerja sebagaimana mestinya. Alih-alih sembuh, sang pasien yang menderita malah mengalami penyakit komplikasi.

    Kepala BPOM, Taruna Ikrar mengungkapkan bahwa temuan 10 produk berbahan alam yang berisiko memicu kerusakan jantung hingga gagal ginjal itu bersamaan dengan penindakan sembilan perkara di Jawa Barat. Menurutnya, obat-obatan berbahan herbal tersebut memiliki kandungan yang dilarang tanpa di bawah pengawasan dokter.

    Secara rinci, produk herbal tersebut mengandung bahan kimia obat (BKO) sildenafil, fenilbutazon, metampiron, piroksikam, parasetamol, hingga deksametason. BKO tersebut ini dilarang terkandung dalam obat berbahan herbal karena wajib diberikan di bawah pengawasan dokter.

    Jika dikonsumsi dalam jumlah dosis yang lebih tinggi, seseorang bisa mengalami risiko fatal hingga kematian. Taruna menyebut, obat berbahan herbal yang berbahaya dan marak beredar di masyarakat banyak meliputi obat penambah gairah pria, hingga pereda asam urat.

    “Obat berbahan alam yang mengandung sildenafil, dijual dengan tujuan merangsang gairah laki-laki, kekuatan stamina, tetapi perlu diingat kalau kelebihan dosis, ini bisa fatal. Menyebabkan henti jantung,” ungkap Taruna dalam konferensi pers, beberapa waktu lalu.

    “Konsumsi obat bahan alam tanpa izin edar dan/atau mengandung BKO sangat berisiko bagi kesehatan, bisa mengakibatkan kerusakan organ tubuh, seperti gagal ginjal, kerusakan hati, dan gangguan kesehatan lainnya bahkan kematian,” lanjutnya.

    Berikut daftar 10 produk herbal yang mampu merusak jantung hingga gagal ginjal menurut BPOM.

    1. Cobra X

    2. Spider

    3. Africa Black Ant

    4. Cobra India

    5. Tawon Liar

    6. Wan Tong

    7. Kapsul Asam Urat TCU

    8. Antanan

    9. Tongkat arab

    10. Xian Ling

    (luc/luc)

    Saksikan video di bawah ini:

    Video: Dukung Industri Kosmetik Lokal, BPOM Siap Lakukan Ini




    Next Article



    9 Cara Sembuh dari GERD & Asam Lambung Tanpa Obat dari Ahli Harvard



    Source link