More

    6 Strategi untuk Menjalani Hidup Bahagia Meski Menghadapi Gaji UMR Menurut Ahli Harvard

    Sebagian orang mungkin masih berpikir bahwa kebahagiaan hanya bisa dicapai dengan memiliki banyak uang dan gaji tinggi. Namun, ternyata hal tersebut tidak selalu benar.

    Kebahagiaan tidak hanya bergantung pada seberapa banyak uang yang dimiliki seseorang. Meskipun uang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan dasar.

    Sebuah penelitian yang dilakukan selama 85 tahun sejak tahun 1938 menemukan bahwa kebahagiaan bukan berasal dari harta atau karier yang bagus. Namun, hubungan yang positif dapat membuat seseorang lebih bahagia, sehat, dan hidup lebih lama.

    Robert Waldinger dan March Shulz dari Harvard Study of Adult Development menjelaskan bahwa kunci dari hubungan yang positif adalah melakukan kebugaran sosial. Kebugaran sosial merupakan keaktifan seseorang dalam membangun hubungan positif dengan orang lain. Untuk mencapainya, diperlukan penilaian dan kejujuran diri sendiri dan orang lain.

    Ada enam cara untuk membangun hubungan positif, yaitu dengan mengenali diri sendiri, sering berkomunikasi dengan orang lain, memasang batasan dalam komunikasi, menjadi pendengar dan pembicara yang baik, bersikap santai setelah berkomunikasi, dan merenungkan dan belajar dari pengalaman.

    Jadi, jangan takut untuk berkenalan dengan orang baru. Ingat, tidak ada kata terlambat untuk memperdalam dan membangun hubungan positif.

    Source link