More

    Kemunculan di TikTok Menyebabkan Puluhan Lagu BTS & BLACKPINK Hilang, Kenapa?

    Pada awal tahun 2024, Universal Music Group (UMG) mengumumkan bahwa mereka akan menarik semua lagu dari artis yang menandatangani kontrak dengan TikTok dan TikTok Music. UMG menuduh TikTok mencoba membangun bisnis berbasis musik tanpa memberikan kompensasi yang adil kepada pemilik lagu.

    Pada tanggal 27 Februari 2024, penggemar K-pop dikejutkan ketika sejumlah lagu hits populer dari BLACKPINK, BTS, dan grup K-pop lainnya menghilang dari TikTok karena masalah hak cipta. Lagu-lagu BLACKPINK, termasuk lagu solo anggotanya, dihapus dari TikTok, dan suara tersebut benar-benar terhapus dari saluran TikTok BLACKPINK.

    Demikian pula, lagu-lagu Jungkook seperti “Standing Next To You” dan “Seven” juga dihapus dari TikTok. Video menggunakan audio lagu-lagu tersebut di saluran BTS dan TikTok Jungkook juga dibisukan. Beberapa lagu juga dihapus dari kanal TikTok BTS.

    Selain BLACKPINK dan BTS, grup lain seperti SEVENTEEN, TXT, TREASURE, dan NewJeans juga menonaktifkan beberapa lagu di TikTok. UMG telah membuat kehebohan dalam industri musik dengan keputusannya untuk menghapus lagu dari artis yang dikontrak dari TikTok.

    Sebagai label rekaman terbesar di dunia, UMG memiliki perpustakaan musik yang besar dengan artis terkenal seperti Taylor Swift, The Weeknd, Bad Bunny, Ariana Grande, Justin Bieber, Adele, Drake, Billie Eilish, Kendrick Lamar, Rosalía, dan Harry Styles. Konflik antara TikTok dan UMG telah menjadi pembicaraan hangat di kalangan pecinta musik, baik pecinta musik Barat maupun penggemar K-pop.

    Grup K-pop terkenal dengan musik dan tarian mereka. Ketidakhadiran musik mereka di TikTok akan menjadi kerugian besar dalam mencapai publik. Fans K-pop khawatir dengan dampak yang ditimbulkan saat UMG menarik musik dari TikTok.

    Source link