More

    Catat! 7 Ciri Kosmetik Berbahaya yang Diidentifikasi oleh BPOM

    Jakarta, CNBC Indonesia – Kosmetik dan perawatan kulit telah menjadi kebutuhan bagi kaum wanita. Meskipun semakin populer, namun banyak merek kosmetik yang ditemukan mengandung bahan berbahaya.

    Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyatakan bahwa beberapa bahan yang perlu diwaspadai adalah steroid, merkuri, dan hidrokuinon. Jika terus digunakan, tentu akan menimbulkan efek samping dan kerusakan permanen pada kulit.

    Oleh karena itu, sangat penting untuk mengenali ciri-ciri kosmetik berbahaya. Berikut adalah paparannya menurut BPOM:

    1. Berbau logam
    Jika kosmetik yang Anda beli berbau logam, itu menandakan adanya merkuri di dalamnya. Produsen kosmetik nakal bahkan bisa menambahkan pewangi untuk menyamarkan bau logam merkuri pada kosmetik tersebut.

    2. Produk kosmetik tiruan
    Hati-hati dengan kosmetik palsu yang berpotensi berbahaya. Kosmetik semacam itu biasanya diproduksi oleh pihak yang tidak berwenang atau meniru identitas merek kosmetik lain yang sudah memiliki izin edar.

    3. Berubah warna menjadi gelap
    Kosmetik yang mengandung merkuri cenderung berubah warna menjadi abu-abu gelap atau hijau gelap saat terpapar sinar matahari. Jika kosmetik yang Anda gunakan mengalami hal tersebut, segera hentikan penggunaannya karena bisa berbahaya bagi kulit.

    4. Memiliki tekstur kasar
    Kosmetik berbahaya yang mengandung merkuri umumnya memiliki tekstur kasar dan lengket. Kosmetik tersebut sulit menyatu dengan kulit wajah dan tidak nyaman saat digunakan.

    5. Mengandung bahan berbahaya atau dilarang
    Kosmetik berbahaya umumnya mengandung bahan seperti merkuri, hidrokinon, tretinoin, atau bahan-bahan lain yang berbahaya dan dilarang digunakan dalam kosmetik.

    6. Terasa lengket
    Kosmetik dengan konsentrasi tinggi cenderung terasa lengket dan sulit meresap ke kulit dengan cepat. Sebaiknya uji produk terlebih dahulu di area kulit kecil sebelum menggunakannya secara menyeluruh.

    7. Tidak mencantumkan izin edar
    Salah satu ciri kosmetik berbahaya adalah tidak mencantumkan izin edar dari BPOM. Kosmetik tanpa izin edar tidak menjamin keamanan, manfaat, dan kualitasnya.

    Dengan mengenali ciri-ciri kosmetik berbahaya, Anda bisa menghindari penggunaan produk yang tidak aman dan membahayakan kesehatan kulit.

    Source link