More

    Empat Artis Sinetron Tahun Lama Terjun ke Dunia Politik, Begini Hasil Perolehan Suaranya

    Jakarta, CNBC Indonesia – Fenomena artis yang menjadi calon legislatif (caleg) bukanlah hal baru. Mereka memiliki modal awal berupa wajah yang sudah dikenal masyarakat, sehingga sering diakrabi oleh partai politik untuk mendapatkan suara.

    Meskipun tidak memiliki latar belakang politik, sejumlah artis terbukti pernah berhasil masuk ke Senayan, seperti Krisdayanti, Anang Hermansyah, Mulan Jameela, dan Desi Ratnasari.

    Pada pemilihan umum (Pemilu) 2024 kali ini, ada puluhan nama selebriti yang ikut bertarung untuk meraih kursi legislatif. Sebagian dari mereka adalah artis lama yang sudah tidak aktif di dunia hiburan.

    Berikut adalah perolehan suara 4 artis sinetron lama yang ‘bertarung’ dalam Pemilu 2024 sebagai calon legislatif.

    1. Primus Yustisio
    Mantan aktor senior yang merupakan anggota DPR RI Komisi VI ini kembali maju sebagai calon anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat V yang diusung PAN. Sebelumnya, suami dari Jihan Fahira ini sudah menjabat sebagai anggota DPR RI sejak 2009.

    Berdasarkan hasil real count sementara KPU yang diperbarui terakhir pada Minggu (3/3/2024) pukul 09.00 WIB, Primus Yustisio meraih suara tertinggi di PAN dari dapil Jawa Barat V dengan total raihan 66.218 suara. Data ini berasal dari 10.247 dari total 15.228 TPS (67.29%)

    Dengan perolehan tersebut, Primus saat ini menempati posisi teratas di antara caleg PAN lain di dapil yang sama. Meskipun demikian, perlu dicatat bahwa penghitungan suara ini belum final.

    2. Jihan Fahira
    Jihan Fahira adalah aktris yang terkenal dengan sinetron Tersayang. Setelah tak lagi aktif di dunia hiburan, dia mencoba peruntungan di dunia politik dengan mencalonkan diri sebagai anggota DPD di dapil Jawa Barat.

    Berdasarkan hasil real count sementara KPU yang diperbarui terakhir kali pada Senin (4/3/2024) pukul 16.00 WIB, Jihan Fahira sudah mendulang 1.103.107 suara (7,3%).

    Jihan ada di posisi ketiga suara terbanyak, bersaing dengan Aanya Rina Casmayanti dan Komeng.

    3. Rano Karno
    Rano Karno, mantan artis yang terkenal dengan sinetron Si Doel Anak Sekolahan, adalah caleg dari PDIP di dapil Banten III.

    Berdasarkan hasil real count sementara KPU yang diperbarui terakhir kali pada Minggu (3/3/2024) pukul 09.00 WIB, Si Doel sudah mendulang 40.432 suara. Data ini berasal dari 11.936 dari total 18.015 TPS (66.26%).

    Rano Karno sementara ini bertengger di posisi pertama suara terbanyak dibandingkan kandidat PDIP lain yang bertarung di dapil yang sama.

    4. Ayu Azhari
    Mantan aktris Ayu Azhari maju sebagai caleg yang diusung PAN di DKI Jakarta I.

    Berdasarkan hasil real count sementara KPU yang diperbarui terakhir kali per Minggu (3/3/2024) pukul 19.00 WIB, aktris yang membintangi sinetron Bidadari tersebut telah berhasil mengantongi 2.953 suara. Data ini berasal 5.081 dari total 8.812 TPS (57.66%).

    Sejauh ini, perolehan suara Ayu Azhari berada di posisi ke-3.

    Source link