More

    Meningkatnya Kasus DBD di Indonesia, Menyebabkan 316 Orang Meninggal, Menkes Menyampaikan Pendapatnya

    Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa meskipun kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) melonjak, jumlah ketersediaan tempat tidur di rumah sakit masih cukup aman. Budi juga menyebutkan bahwa angka kenaikan kasus DBD di Indonesia masih dalam batas normal.

    “Bed-bed (tempat tidur) di rumah sakit vertikal Kemenkes RI masih sangat oke,” ujar Budi di Gedung Nusantara 1 DPR RI, Jakarta, Senin (25/3/2024).

    Budi menjelaskan bahwa meskipun jumlah orang yang terkena DBD mengalami peningkatan, hal tersebut masih dalam batas normal. Setiap pergantian musim, angka kasus DBD memang cenderung meningkat.

    Meskipun ketersediaan tempat tidur di rumah sakit vertikal Kemenkes RI masih aman, Budi mengakui adanya masalah terkait referal sehingga masyarakat kesulitan mengetahui ketersediaan tempat tidur.

    Sebelumnya, Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mengungkapkan bahwa jumlah total kasus DBD di Indonesia hingga Februari 2024 mencapai 38.462 orang. Provinsi dengan jumlah kasus DBD tertinggi adalah Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sulawesi Utara, dan Kalimantan Tengah.

    Dante juga menyebut bahwa jumlah kematian akibat DBD di RI hingga Februari 2024 mencapai 316 orang, dengan kasus kematian tertinggi terjadi di beberapa kabupaten/kota di Jawa dan Kalimantan.

    Faktor-faktor seperti perubahan curah hujan dan fenomena El Nino diklaim menjadi penyebab meningkatnya kasus DBD di Indonesia. Dante juga memprediksi bahwa kasus DBD kemungkinan akan terus meningkat di tahun 2024 karena faktor-faktor ini semakin sulit diprediksi.

    Selengkapnya bisa dilihat di tautan berikut: https://www.cnbcindonesia.com/news/20240325173705-4-301657/menkes-jumlah-tempat-tidur-rs-vertikal-kemenkes-ri-masih-oke.

    Source link