More

    Basarnas Akan Membentuk Tim Penyelamat Siaga di Kota Bogor

    Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah resmi melantik Marsekal Madya TNI Kusworo sebagai Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas). Dengan demikian, Kusworo menggantikan posisi Marsekal Madya TNI (purn) Henri Alfiandi.

    Pelantikan tersebut mengacu pada Surat Keputusan (SK) Presiden Nomor 135/TPA TAHUN 2023 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Utama di lingkungan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan.

    Menhub menyatakan bahwa Basarnas memiliki tugas dan tanggung jawab yang sangat penting dalam menyelamatkan setiap jiwa dari risiko bencana dan keadaan darurat lainnya dalam setiap situasi.

    “Basarnas harus memperkuat Pencarian dan Pertolongan Nasional melalui inovasi yang memanfaatkan teknologi, meningkatkan kompetensi SDM, memperkuat sinergi dan kolaborasi, serta memperkuat pencegahan, mitigasi, dan antisipasi bencana,” ujar Menhub dalam keterangannya pada Rabu (4/10/2023).

    Dia juga meminta adanya upaya penguatan dalam kegiatan SAR yang didukung oleh sumber daya manusia yang mengutamakan integritas.

    “Kami mengucapkan selamat bertugas kepada Kepala Basarnas dan tetap berkomitmen untuk menjaga amanah dan integritas serta memaksimalkan perannya dalam pelaksanaan tugas dan fungsi serta berkolaborasi dengan seluruh pihak seperti Kemenhub, TNI, POLRI, dan pihak terkait lainnya,” tutup Menhub. KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo dan Kabaharkam Polri Komjen Fadil Imran turut hadir dalam acara pelantikan tersebut.

    Source link