More

    Penyebab Kegagalan Ginjal pada Usia Muda, Pelajari!

    Jakarta, CNBC Indonesia – Penyakit gagal ginjal dapat menyerang siapa pun, termasuk kalangan muda. Gagal ginjal adalah kondisi di mana salah satu atau kedua ginjal tidak berfungsi.

    Kondisi ini dapat berkembang secara perlahan (kronis) atau tiba-tiba (akut). Oleh karena itu, penting untuk menghindari kebiasaan yang dapat membahayakan kesehatan ginjal.

    Ada tiga penyebab utama yang dapat meningkatkan risiko gagal ginjal kronis, yaitu tekanan darah tinggi, diabetes, dan kolesterol tinggi. Merokok, obesitas, dan penggunaan obat antiinflamasi yang dijual bebas seperti ibuprofen atau naproxen dapat memperburuk fungsi ginjal dari waktu ke waktu.

    “Hampir 40% dari semua kasus penyakit ginjal kronis disebabkan oleh diabetes yang tidak terkontrol; 10-15% lainnya disebabkan oleh hipertensi yang tidak terkontrol,” kata Dr. Vijay Kher, ketua Fortis Escorts Kidney and Urology Institute, seperti dikutip dari CNBC Indonesia pada Jumat, 1 Maret 2024.

    Ketika kehidupan menjadi lebih sibuk, banyak orang cenderung malas bergerak dan lebih rentan terhadap stres. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan kasus hipertensi dan tekanan darah tinggi, yang dapat berbahaya bagi ginjal.

    Infeksi saluran kemih (ISK) atau batu ginjal yang tidak diobati juga dapat menyebabkan gangguan ginjal dini. Kebanyakan orang dapat mencegah penyakit ginjal dengan mengikuti gaya hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan rendah natrium, berolahraga ringan, tidak merokok, dan membatasi konsumsi alkohol.

    Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, diabetes, kolesterol tinggi, atau penyakit jantung, disarankan untuk melakukan pemeriksaan ginjal setiap tahun.

    [Gambas:Video CNBC]

    Artikel Selanjutnya:
    Keseringan Minum Boba, Perempuan Ini ‘Simpan’ 300 Batu Ginjal

    (miq/miq)

    Source link