More

    Manuver Surya Paloh terhadap Prabowo dianggap sebagai sesuatu yang sah

    Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra dan Presiden terpilih Republik Indonesia periode 2024-2029, Prabowo Subianto, bertemu dengan Ketum Partai NasDem, Surya Paloh, di Tower NasDem, Gondangdia, Jakarta Pusat, pada Jumat (22/3/2024).

    Menurut Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari, wajar jika Surya Paloh akan mendukung pemerintahan selanjutnya karena Surya merupakan mantan kader Golkar yang tidak dapat berada di posisi oposisi dan juga seorang pengusaha.

    NasDem, sebagai partai nasionalis, sebelumnya mengusung Anies Baswedan sebagai presiden dalam Pemilu 2024 dengan tujuan meningkatkan elektabilitas partai. Meskipun NasDem masih berada di posisi lima teratas, Surya Paloh diyakini berhasil mencapai target tersebut.

    Qodari menyarankan langkah NasDem dan Surya Paloh untuk mengubah haluan dan melakukan komunikasi politik dengan rival-rivalnya. Menurutnya, agenda Surya Paloh dan Anies Baswedan telah berbeda dan kemungkinan Cak Imin dari PKB juga tengah mempertimbangkan langkah politik yang harus diambil untuk menyelamatkan partainya.

    Source link