More

    Apakah Benar Makan 3 Nastar Setara dengan 1 Piring Nasi? Temukan Faktanya

    Nastar adalah salah satu kue kering yang menjadi primadona saat Hari Raya Idul Fitri. Kue lezat berisi selai nanas ini selalu menjadi kudapan wajib yang ada di meja makan.

    Kendati demikian, banyak anggapan bahwa nastar memiliki kandungan kalori tinggi. Bahkan mengonsumsi nastar dinilai sama dengan sepiring nasi. Benarkah demikian?

    Terkait hal ini, dokter spesialis gizi dr Saptawati Bardosono mengatakan kalori dalam kue nastar berbeda-beda, tergantung bahan yang digunakan. Tetapi, biasanya satu butir nastar memiliki 40 kalori.

    Jadi, jika memakan tiga butir sama dengan 120 kalori. Jumlah kalori tersebut setara dengan sepiring nasi (100 gram) yang mengandung 130 kalori.

    “Dalam satu buah kue nastar, biasanya terkandung 40-an kalori, kalau dibandingkan dengan 100 gram nasi yang punya 130 kalori, maka tentunya akan sama dengan kalau kita mengkonsumsi sekitar 3 buah kue nastar,” kata dr Saptawati dikutip dari CNBC Indonesia (12/4/2024).

    “Bergantung pada resepnya akan menghasilkan beberapa butir nastar, sehingga total kalori per resep tinggal dibagi dengan jumlah kue yang dihasilkan,” tambahnya.

    Selain nastar, dr Saptawati mengatakan kue kering lainnya yang dibuat dari tepung terigu, mentega, dan gula juga memiliki jumlah kalori yang mirip dengan nastar.

    “Kalori kue Lebaran lainnya juga kalorinya mirip-mirip (dengan nastar) karena terbuat dari bahan yang sama,” jelasnya.

    Selain itu, ia juga mengingatkan untuk menjaga porsi saat mengkonsumsi makanan seperti itu. Sebab, semua makanan yang enak, gurih, dan membuat orang ingin terus mengkonsumsinya biasanya kaya akan kalori, lemak, gula, dan garam.

    Source link