More

    Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas di Ancol untuk Mengatasi Kepadatan Libur Lebaran

    Satlantas Polres Metro Jakarta Utara Siapkan Rekayasa Lalu Lintas di Ancol saat Libur Lebaran

    Jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Metro Jakarta Utara menyiapkan rekayasa lalu lintas di kawasan Ancol untuk mengantisipasi kepadatan pengunjung saat libur Lebaran Idul Fitri 1445 H/2024 M. Rekayasa lalu lintas di kawasan ini bersifat situasional.

    “Pengamanan yang kami lakukan sifatnya situasional tergantung kepadatan pengunjung ke kawasan Ancol,” kata Kepala Satlantas Polres Metro Jakut Kompol Edy Purwanto, Rabu (10/4/2024).

    Dia menjelaskan, di Jakarta Utara ada dua destinasi wisata yang bisa menjadi tujuan warga untuk mengisi waktu libur, yaitu di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) di Kecamatan Penjaringan, dan Ancol di Kecamatan Pademangan.

    Untuk PIK yang menjadi destinasi wisata adalah PIK 2. Sementara yang menjadi wilayah hukum Polres Metro Jakarta Utara adalah kawasan di PIK 1, sehingga hanya menjadi jalur perlintasan saja.

    Sementara untuk kawasan Ancol diperkirakan akan ramai karena menjadi salah satu tujuan wisata favorit saat libur lebaran. Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, kawasan Ancol selalu dipadati pengunjung saat libur lebaran.

    Menurut Edy, akan digunakan tiga indikator dalam pengamanan lokasi wisata, yaitu indikator hijau, kuning, dan merah. Indikator hijau menandakan semua berjalan normal dan arus lalu lintas lancar.

    Sementara indikator kuning menunjukkan bahwa kawasan Ancol tidak dapat lagi menampung parkir kendaraan dan terdapat antrean di pintu masuk tempat wisata dalam radius 500 meter.

    “Kami akan meminta pengendara yang datang belakangan untuk memarkir kendaraan di Jalan Benyamin Sueb dan Kemayoran,” kata perwira menengah polisi ini.

    Source link