More

    Ted Toleman, Pemilik Torehan Positif di Formula 1, Meninggal Dunia

    Ted Toleman, bos tim F1 pada 1980-an yang memberikan debut grand prix kepada Ayrton Senna, meninggal dunia pada usia 86 tahun di Manila, Filipina, pada 10 April setelah menderita sakit yang cukup lama. Toleman meninggalkan istrinya Maitie dan putra mereka Michael.

    Tim Toleman memulai perjalanan mereka di Formula 1 pada awal 1980-an setelah berlaga di kategori junior, termasuk F2. Meskipun menghadapi kesulitan awal dan gagal lolos dalam sembilan balapan pertama mereka, mereka menjadi batu loncatan bagi beberapa pembalap berbakat seperti Senna, Stefan Johansson, dan Derek Warwick. Desainer F1 legendaris Rory Byrne dan insinyur Pat Symonds juga memulai karir mereka di tim ini.

    Prestasi terbaik Toleman diraih oleh Ayrton Senna, yang finis kedua di Grand Prix Monaco pada tahun 1984. Senna kemudian meraih dua podium lagi sebelum bergabung dengan tim Lotus. Teo Fabi juga berhasil meraih posisi terdepan untuk tim tersebut di Grand Prix Jerman 1985.

    Pada tahun 1986, Benetton mengakuisisi Toleman, dan tim tersebut beroperasi sebagai tim Alpine saat ini. Stefano Domenicali, Presiden dan CEO F1, mengungkapkan kesedihannya atas meninggalnya Ted Toleman dan mengakui kontribusi besar yang telah diberikan Toleman untuk dunia Formula 1.

    Kami patut menghormati warisan Ted Toleman dan mengucapkan belasungkawa kepada keluarga dan teman-temannya pada saat yang menyedihkan ini.

    Source link