More

    McLaren Livery Khusus Ayrton Senna untuk Balapan F1 Monako 2024

    KabarOto.com – Tim Formula 1 yakni McLaren akan menggunakan livery full wrap berwarna kuning, hijau, dan biru yang terinspirasi dari pembalap legenda F1, Ayrton Senna. Akan digunakan pada balapan seri F1 yang akan berlangsung di Monako akhir pekan ini.

    Livery ini mengambil inspirasi dari helm pembalap Ayrton Senna dan dirancang untuk merayakan legenda pembalap Formula 1 asal Brasil itu.

    Baca Juga: Legenda Formula 1 Ayrton Senna Dikenang Melalui Film Seri Menarik

    Juara dunia tiga kali Ayrton Senna adalah pembalap McLaren yang paling sukses, membalap tim asal Inggris itu periode tahun 1988 dan 1993. Selama waktu tersebut, ia mengamankan 35 dari 41 kemenangan seri balap Formula 1, ditambah tiga gelar juara dunia dan empat kejuaraan konstruktor untuk tim.

    McLaren memilih Monako karena di trek Sirkuit Monte Carlo identik dengan Senna, pebalap Brasil yang meninggal dunia 30 tahun lalu telah menang enam kali, termasuk lima kali berturut-turut sejak 1989.

    Balapan akan diadakan seminggu setelah akhir pekan di Imola yang menyaksikan kehidupan Senna, dan pembalap Austria Roland Ratzenberger, merayakan tiga dekade setelah kecelakaan fatal mereka di lintasan.

    Di Monaco, tim McLaren juga akan mengenakan seragam tim yang terinspirasi dari Senna untuk akhir pekan, dengan pembalap Lando Norris dan Oscar Piastri mengenakan pakaian terusan yang dipesan lebih dahulu.

    Livery tersebut merupakan hasil kolaborasi Senna Global dan partner McLaren, OKX.

    Baca Juga: Demo Spesial Sebastian Vettel untuk Kenang Ayrton Senna dan Roland Ratzenberger

    McLaren Automotive juga telah meluncurkan versi satu kali dari mobil jalan raya McLaren Senna, dengan corak yang dilukis dengan tangan oleh Operasi Khusus McLaren dan termasuk potret Senna dalam matriks titik.

    “Tim bangga mengakui dan merayakan kehidupan luar biasa dan warisan balap Ayrton Senna melalui livery McLaren ini. Senna tetap dihormati sebagai ikon terhebat Formula 1, dan pembalap McLaren paling berprestasi,” ujar Zak Brown selaku CEO McLaren.

    Ini bukan pertama kalinya McLaren menggunakan corak khusus di Monako. Pada 2021, mereka membawa warna biru dan oranye ikonik dari mitranya Gulf Oil kembali ke F1, dengan pembalap Lando Norris meraih podium dalam balapan tersebut.

    Tahun lalu menampilkan livery ‘Triple Crown’ dengan warna putih dan hitam di Monako sebagai bagian dari perayaan ulang tahun ke-60.

    Source link