More

    Makanan Ini Jadi Resep Rahasia Umur Panjang Orang Yunani


    Jakarta, CNBC Indonesia – Selain Jepang, Yunani juga terkenal memiliki warga yang berumur panjang. Ada banyak orang Yunani yang tetap energik dan produktif di usia tua hingga usia 100 tahun.

    Mereka yang berumur panjang umumnya berada di kawasan blue zone, Ikaria, Yunani. Faktanya, umur panjang warga Yunani adalah karena mengonsumsi madu.

    Madu tersebut dihasilkan oleh peternak lebah lokal di Pulau Ikaria yang memiliki kualitas antibakteri, mengandung banyak antioksidan, dan membantu tubuh mengatur kadar gula.

    Melansir CNBC Make It, di Ikaria, madu dianggap sebagai salah satu ramuan rahasia untuk umur panjang. Banyak warga Ikaria memulai hari mereka dengan mengonsumsi sesendok madu.

    Madu dikonsumsi sebagai obat tradisional untuk batuk dan sakit tenggorokan. Biasanya warga di sana mencampur madu dengan daun sage atau teh, jahe, dan bawang putih. Bahkan, para tetua pulau di sana mengatakan madu juga berkhasiat sebagai viagra alami. Madu juga menjadi makanan pokok karena rasanya yang lezat, kompleks, dan manis.

    Berikut beberapa cara favorit untuk memasukkan madu ke dalam makanan Anda:

    1. Taburkan madu di atas yogurt atau oatmeal

    Jika Anda menyukai oatmeal, tambahkan sedikit madu bersama dengan taburan kayu manis dan segenggam kacang akan menjadi awal hari yang lezat yang akan membuat Anda kenyang selama berjam-jam.

    2. Pemanis teh dan minuman lainnya

    Memilih madu berarti Anda bisa menikmati rasa manisnya tanpa mengonsumsi gula olahan dan pemanis buatan. 

    Madu memiliki vitamin dan mineral. Makanan ini juga memungkinkan tubuh mengatur kadar gula darah dengan lebih baik.

    3. Ditambahkan pada camilan

    Salah satu keunikan madu adalah tidak memerlukan banyak usaha atau persiapan untuk menikmatinya. Anda dapat menambahkan madu dengan selai kacang untuk dipadukan dengan pisang atau apel, misalnya. Atau diolesi pada roti panggang.

    4. Gunakan madu untuk membuat dressing dan vinaigrette buatan sendiri

    Madu menyeimbangkan keasaman cuka balsamic dan melembutkan rasa sepat jus lemon. Anda bisa menambahkan sedikit keju feta, pelengkap sempurna untuk madu, untuk membuat saus yang lebih kental.

    Anda juga dapat menaruh vinaigrette madu ini di atas salad hijau, seperti salad kangkung dengan vinaigrette jeruk nipis-madu, atau memasukkannya ke dalam salad kacang putih, dibandingkan menggunakannya dengan salad berbahan dasar tomat.

    5. Pasangkan madu dengan keju

    Salah satu hidangan yang populer di restoran-restoran Yunani adalah keju feta berkulit phyllo yang dipanggang atau digoreng dengan tambahan madu. Ini menjadi klasik modern yang mengambil inspirasi dari banyak tradisi daerah lama yang menggabungkan keju Yunani yang asam atau pedas dengan rasa manis alami.

    6. Tambahkan madu ke bumbu perendam dan daging panggang

    Madu juga bisa menjadi bumbu marinasi untuk protein seperti ayam dan sebagai glasir untuk berbagai macam hidangan panggang, dari aprikot hingga udang.

    7. Makanan penutup

    Anda dapat menggunakan madu sebagai cocolan yang mudah untuk hidangan penutup. Taburkan madu di atas satu sendok es krim vanila atau sendokkan secukupnya di atas kue atau lainnya. Pasangan ini sudah ada sejak zaman Yunani kuno, namun tetap bertahan seiring berjalannya waktu.

    [Gambas:Video CNBC]

    Artikel Selanjutnya

    5 Rahasia Panjang Umur hingga 100 Tahun Ala Orang Pakistan

    (hsy/hsy)


    Source link