More

    6 Minuman Paling Ampuh Bakar Lemak Tubuh Menurut Studi

    Jakarta, CNBC Indonesia – Mengalami kenaikan berat badan tentunya bisa membuat tidak nyaman. Kenaikan berat badan yang berujung obesitas bahkan bisa meningkatkan beragam masalah kesehatan yang mengancam jiwa.

    Untuk mengatasinya, tidak hanya menjaga pola makan dan berolahraga, ternyata ada beberapa minuman yang mampu memangkas lemak dan bobot berlebih dari tubuh. Tidak sekedar itu, minuman ini juga ampuh membuat kulit wajah terlihat awet muda.

    Lantas apa sajakah itu? Berikut paparannya dikutip dari Eat This, Not That.

    1. Teh hitam

    Menurut sebuah laporan yang diterbitkan di Molecules, teh hitam mengandung polifenol yang diketahui dapat membantu Anda menjaga berat badan dan menurunkan risiko obesitas. Manfaat lainnya, teh hitam juga membuat kulit Anda kenyal dan terhidrasi.

    2. Kombucha

    Penyerapan nutrisi yang lebih baik dan peningkatan energi dapat mendorong penurunan berat badan. Anda juga bisa mengonsumsi sebotol kombucha yang sudah terbukti dapat memperlambat penuaan dan membakar lemak.

    “Rahasia Kombucha adalah fermentasi. Fermentasi adalah proses alami yang menghasilkan probiotik, bakteri ramah yang membantu menjaga mikrobioma usus Anda agar berfungsi dengan baik. Usus yang lebih sehat telah terbukti meningkatkan pengaturan berat badan dan penuaan yang sehat,” kata ahli diet terdaftar Hayley Miller di Persona Nutrition.

    Meski begitu, tidak semua kombucha sama. Pastikan Anda memilih jenis yang tepat untuk Anda dan pilih dari merek kombucha rendah gula terbaik.

    3. Air mineral

    Salah satu minuman paling efektif yang ampuh membakar lemak dan membuat kulit Anda tampak awet muda adalah air mineral.

    “Air memberikan hidrasi, yang dapat membantu mendukung metabolisme yang sehat dan gaya hidup sehat. Mempertahankan gaya hidup sehat dapat membantu manajemen/pemeliharaan berat badan dan dapat membantu memperlambat efek penuaan tertentu seperti gangguan kognitif dan mengurangi integritas kulit,” kata Katie Tomaschko, ahli diet terdaftar dan ahli gizi di Sporting Smiles.

    Menurut sebuah laporan yang diterbitkan dalam Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology, minum banyak air adalah kunci untuk menjaga kulit Anda tetap terhidrasi dan terlihat lebih muda.

    4. Kopi hitam

    Sebagian orang mengonsumsi kopi hitam untuk meningkatkan energi dan suasana hati. Ini karena kopi mengandung kafein yang berfungsi sebagai stimulan tubuh dan bermanfaat untuk penurunan berat badan.

    Sebuah studi berskala besar pada orang dewasa Jepang, yang diterbitkan di Nutrients, menemukan bahwa konsumsi kopi setiap hari dikaitkan dengan penurunan lemak perut.

    Jika Anda menyukai kopi tetapi tidak suka kopi hitam, pastikan untuk memperhatikan berapa banyak gula yang Anda tambahkan ke setiap cangkir. Sebuah studi yang diterbitkan dalam European Journal of Preventative Cardiology menemukan bahwa tingkat konsumsi gula tambahan yang lebih tinggi dikaitkan dengan lebih banyak lemak perut.

    5. Teh hijau

    Teh hijau mengandung epigalokatekin galat yang berguna untuk memproduksi hormon dan mempercepat proses pembakaran lemak dalam tubuh. Teh hijau yang kaya akan katekin juga dapat melancarkan laju metabolisme.

    Selain itu, jenis teh yang satu ini juga mengandung antioksidan yang menghentikan peradangan dan memastikan Anda tetap terhidrasi.

    Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Environmental Research and Public Health menemukan hubungan antara konsumsi teh hijau yang tinggi dan kemungkinan obesitas perut yang lebih rendah.

    Studi lain, yang diterbitkan dalam Journal of Functional Foods, menyimpulkan bahwa peserta yang minum teh hijau selama dua belas minggu memiliki lebih sedikit lemak visceral dibandingkan mereka yang tidak minum teh hijau saat akhir penelitian.

    Meskipun ada banyak penelitian tentang teh hijau dan lemak perut, hanya ada sedikit penelitian tentang teh hijau dan penuaan kulit. Namun, satu penelitian pada hewan yang diterbitkan dalam Toxicological Research menemukan bahwa polifenol yang ditemukan dalam teh hijau mungkin memiliki efek anti penuaan pada kulit.

    Gabungan manfaat teh hijau ini dapat membantu memperlambat proses penuaan dan memastikan Anda tetap selangkah lebih maju dari garis penuaan dan kerutan, serta lemak perut.

    6. Air Klorofil

    Air klorofil mengandung bahan aktif yang mampu membakar lemak perut sekaligus membuat Anda terlihat awet muda. Menurut ahli diet berlisensi Trista Best, air klorofil adalah cara mudah untuk detoksifikasi, meningkatkan kesehatan kulit, dan memberi tubuh antioksidan dalam jumlah yang signifikan.

    “Antioksidan yang ditemukan dalam klorofil bekerja di dalam tubuh untuk membuang dan mengurangi racun dan kerusakan akibat radikal bebas,” kata Best.

    Air klorofil mengandung senyawa anti-inflamasi alami, yang berarti kulit mengalami lebih sedikit peradangan, yang dapat menyebabkan kulit kendur dan keriput. Satu penelitian juga menemukan bahwa menggunakan klorofil secara topikal diketahui dapat mengurangi photoagingkulit yang juga dikenal sebagai kerusakan akibat sinar matahari.

    Klorofil meningkatkan kualitas sel darah merah sehingga darah membawa lebih banyak oksigen. Semakin banyak jumlah oksigen yang bersirkulasi dalam tubuh berarti semakin banyak nutrisi dan energi yang mengalir.

    [Gambas:Video CNBC]

    Artikel Selanjutnya

    Nah! Ini Rahasia Diet Kahiyang Ayu Sukses Turun 30 Kg

    (hsy/hsy)


    Source link