More

    Wow, Konser Taylor Swift Buat Gempa Bumi di Skotlandia


    Jakarta CNBC Indonesia – Konser Taylor Swift membuat guncangan setara gempa bumi di Skotlandia. Hal ini terungkap dari data British Geological Survey (BGS), dimuat CNBC International, Jumat (14/6/2024).

    Stadion Murrayfield di Edinburgh menyaksikan rekor kehadiran penonton selama konser akhir pekan ketika megabintang Amerika itu menyanyikan lagu untuk para penggemar. Ia bersenandung selama kurang lebih 3,5 jam di Jumat, Sabtu dan Minggu lalu.

    Aktivitas para swifties bernyanyi dan bergoyang di konser, membuat gempa terdeteksi sekitar 4 mil dari lokasi acara. Kala itu dilaporkan 73.000 orang hadir, dengan penambahan setiap harinya hingga hari konser selesai.

    “Aktivitas ini sebagian besar dihasilkan oleh para penggemar yang menari mengikuti irama musik dan mencapai puncaknya pada 160 bpm … di mana penonton memancarkan daya sekitar 80 kW,” tulis BGS dalam sebuah laporan.

    “Ini setara dengan sekitar 10-16 aki mobil,” muatnya lagi.

    Badan ini menggunakan instrumen ilmiah canggih yang cukup rumit untuk mengidentifikasi aktivitas seismik sekecil apa pun dari jarak bermil-mil. Meskipun mendeteksi getaran gempa di stadion, getaran tersebut tidak dirasakan oleh orang lain selain yang berada di lokasi.

    “Lagu Swift Ready For It?, Cruel Summer dan Champagne Problems menghasilkan aktivitas seismik paling signifikan,” kata lembaga itu lagi.

    Sementara itu, konser Swift telah membuat peningkatan ekonomi sebesar US$ 98 juta (sekitar Rp 1,6 triliun). Sebanyak lebih dari 40 bisnis lokal terdampak dari kunjungan konser.

    Perlu diketahui di 2023, konser Swift di Seattle AS juga mencatat guncangan setara gempa bumi bermagnitudo 2,3. Gempa itu disebut muncul imbas gemuruh dan lonjakan para Swifties.

    Gempa yang dijuluki ‘Swift Quake’ tersebut hadir berdasarkan hitungan yang dilakukan oleh seismolog Jackie Caplan-Auerbach, seperti diberitakan oleh CNN International. Satu malam konser Taylor Swift di Seattle dihadiri setidaknya 71 ribu penggemarnya.

    [Gambas:Video CNBC]

    Artikel Selanjutnya

    Singapura Panen Cuan, Taylor Swift Bikin Untung Rp12 Triliun

    (sef/sef)


    Source link