More

    Media Lokal Gresik Antusias Ikuti Roadshow Jatim Media Summit 2024

    Gresik (beritajatim.com) – Puluhan pengelola media lokal di Gresik mengikuti roadshow Jatim Media Summit (JMS) 2024 dengan penuh antusias. Mereka ingin mendapatkan informasi terkini mengenai platform media digital dan pengembangan konten terkini untuk meningkatkan kualitas media lokal mereka.

    Roadshow yang dikemas dengan diskusi santai ini mengangkat isu-isu penting terkait konten lokal, seperti strategi untuk meningkatkan jumlah pembaca berita lokal.

    Salah satu pengelola media online asal Gresik, Sutikhon, mengaku banyak bertanya tentang cara membuat konten berita lokal yang menarik dan terpercaya bagi masyarakat.

    “Kami ingin media lokal bisa naik kelas seperti media lain dengan lebih menonjolkan konten lokal Gresik,” ujarnya, Selasa (16/7/2024).

    Senada dengan Sutikhon, Asep Saefullah selaku Head of Local Media Community Suara.com menyatakan pentingnya kolaborasi, inovasi, dan kerjasama antar media lokal di Gresik untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan konten.

    “Industri media saat ini mendapat tantangan yang cukup serius. Sekarang tantangannya bagaimana improve teknologi dan bagaimana mendistribusikan konten tersebut,” ungkapnya.

    Asep menjelaskan bahwa melalui kolaborasi ini, media lokal di Gresik diajak untuk menyiapkan bahan dan materi yang nantinya akan dibahas dalam acara puncak Jatim Media Summit (JMS) 2024. Ia juga mengungkapkan bahwa pihaknya ingin membantu media lokal untuk mendapatkan “media innovation grant”.

    Menurut Asep, media lokal harus mampu menjangkau dan menambah audiens serta outlet untuk bertahan dan mendapatkan revenue.

    Sementara itu, Head of Community Development PT Arkadia Digital Media Tbk, Rendy Adrikni, menekankan pentingnya menentukan target audiens yang spesifik dalam membangun sebuah konten.

    “Target membuat konten harus menentukan target audiens yang lebih spesifik. Lebih mudah oleh dicari oleh audiens dan pengiklan,” katanya.

    Rendy menjabarkan beberapa faktor yang dapat digunakan untuk menentukan target audiens, seperti sektor geografi, demografi, psikografi, dan behavior. Cara ini dapat dilakukan dengan menganalisis interest, pattern, trend, behavior, dan profile audiens.

    “Untuk mengembangkan konten bisa mengumpulkan bahan dan survei konten, production, dan terakhir evaluasi terkait konten yang dibuat,” katanya.

    Jatim Media Summit 2024 merupakan kolaborasi antara beritajatim.com, suara.com, dan International Media Support (IMS). Selain di Gresik, roadshow Jatim Media Summit 2024 juga digelar di Bojonegoro pada Senin pada 15 Juli 2024), Malang 17 Juli 2024. dan Jember 19 Juli 2024. Sedangkan puncak Jatim Media Summit akan berlangsung di Whiz Luxe Hotel Surabaya pada 25-26 Juli 2024. [dny/beq]

    Source link