More

    Tujuh Desa Budaya di Bondowoso Ini Dilestarikan Pemkab Jadi Warisan Nenek Moyang

    Bondowoso, (beritajatim.com) – Kabupaten Bondowoso memiliki tujuh desa budaya yang memiliki kriteria unik serta menarik untuk diketahui oleh wisatawan.

    Ketujuh desa ini sengaja dibentuk oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso guna melestarikan warisan nenek moyang.

    I Gede Budiawan, Kabid Kebudayaan pada Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Bondowoso menjelaskan beberapa hal.

    “Hingga saat ini sudah ada tujuh desa budaya yang dibentuk dan di bawah binaan pemerintah,” ungkapnya kepada BeritaJatim.com, Senin (16/9/2024).

    Menurutnya, pihaknya tidak sembarangan membentuk desa budaya. Namun ada penggolongan khusus. “Tentu sesuai dengan kriteria,” akunya.

    Tujuh desa budaya yang ada di Kabupaten Bondowoso itu di antaranya Prajekan Lor Kecamatan Prajekan, Ramban Kulon Kecamatan Cermee dan Blimbing Kecamatan Klabang.

    “Lalu Sukosari Kidul Kecamatan Sumberwringin, Banyu Putih Kecamatan Wringin, Karang Melok Kecamatan Tamanan dan Desa Klabang Kecamatan Tegalampel,” beber Gede.

    Kendati demikian, Disparbudpora Kabupaten Bondowoso tidak menutup kemungkinan bertambahnya pembentukan desa budaya tersebut.

    “Konsep dan pembentukan desa budaya yaitu setiap masyarakat dalam satu desa masih eksis melakukan aktivitas kebudayaan termasuk kepercayaan religi dan sistem kesenian,” urainya.

    Selain itu, masyarakat juga aktif dalam sistem komunikasi, sosial dan lingkungan yang menjadi daya tarik bagi masyarakat lainnya.

    “Pembentukan desa budaya mengacu terhadap ciri khas yang mencerminkan kehidupan masyarakat,” kata pria asal Singaraja, Bali ini. (awi/ian)

    Source link