More

    Mandi Air Dingin atau Hangat, Mana Lebih Baik untuk Kesehatan?

    Jakarta, CNBC Indonesia – Mandi merupakan ritual penting untuk menjaga kebersihan diri. Beberapa orang mungkin memiliki pilihan sendiri apakah mandi dengan air hangat atau dingin.

    Apapun itu, baik mandi air dingin maupun air panas memiliki manfaatnya masing-masing bagi kesehatan. Tapi, karena khasiatnya yang berbeda, Anda bisa menyesuaikan sendiri mana manfaat yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing.

    Memahami kapan harus mandi air panas atau dingin sangatlah penting. Keduanya memberikan potensi manfaat kesehatan yang luar biasa dan dapat mempengaruhi tubuh Anda secara berbeda.

    Penderita radang sendi, misalnya, mungkin mendapat manfaat lebih dari mandi air hangat di pagi hari dibandingkan mandi air dingin karena air lebih mudah diserap tulang dan memungkinkan mereka mengalami peningkatan mobilitas. Namun, seorang atlet yang menderita cedera olahraga mungkin mendapat manfaat dari mandi air dingin yang dapat membantu mengurangi peradangan.

    Hindari mandi dengan suhu yang terlalu dingin atau terlalu panas, karena dapat membahayakan kesehatan Anda.

    Manfaat mandi air dingin

    Seperti kebanyakan orang, Anda mungkin lebih memilih mandi air hangat daripada mandi air dingin, namun, ternyata ada beberapa manfaat luar biasa dari mandi air dingin.

    Mengutip WebMD, mandi dengan air bersuhu 10 hingga 15 derajat Celcius dianggap mandi air dingin. Berikut adalah manfaatnya:

    1. Menjaga rambut berkilau dan kulit terhidrasi

    Saat mandi air panas, pori-pori akan terbuka, sementara mandi air dingin dapat mengencangkan pori-pori dan membantu mempertahankan minyak alami di kulit dan rambut. Mereka yang rentan terhadap kulit kering atau khawatir dengan rambut kering dan rapuh mungkin bisa mempertimbangkan untuk membilasnya dengan air dingin sesering mungkin.

    2. Meningkatkan kesehatan mental dan meningkatkan kekebalan tubuh

    Air dingin merangsang produksi noradrenalin dan beta-endorfin. Impuls listrik dikirim dari ujung saraf ke otak saat kita mandi air dingin, dan reaksi kimia ini mungkin memiliki efek antidepresan pada beberapa individu.

    Mandi air dingin dapat mencegah Anda masuk angin karena meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuat Anda lebih tahan terhadap penyakit.

    3. Meningkatkan sirkulasi

    Ketika tubuh kita merasakan air dingin, secara alami tubuh beralih ke mode bertahan hidup dan bereaksi dengan meningkatkan detak jantung. Air dingin membuat sistem peredaran darah Anda bekerja berlebihan, menyebabkan jantung Anda memompa lebih efisien dan meningkatkan sirkulasi keseluruhan ke seluruh tubuh Anda.

    Dengan meningkatnya sirkulasi, kulit tentu akan bersih dari bercak-bercak mengganggu seiring berjalannya waktu dan tampak lebih sehat secara keseluruhan.

    Saat tubuh Anda berjuang untuk tetap hangat, reaksi yang meningkat akan meningkatkan metabolisme.

    Manfaat mandi air panas

    Semua orang tentunya senang berendam di bak mandi atau mandi air hangat yang lama. Anda mungkin tidak tahu bahwa setiap kali mandi air panas, Anda juga menikmati beberapa manfaat kesehatan.

    Berikut beberapa manfaat mandi air panas:

    1. Bakar sejumlah kalori

    Saat berendam di bak mandi air panas, Anda membuang sedikit kalori. Namun, mandi air panas dan berendam tidak boleh digunakan sebagai pengganti olahraga, dan Anda harus membatasi waktu mandi saat menggunakan air panas karena dapat meningkatkan risiko luka bakar atau serangan panas.

    2. Menjaga kulit tetap bersih dan sehat

    Mandi air panas dapat membantu membuka pori-pori dan mengeluarkan racun yang terperangkap di kulit sepanjang hari. Jika mengalami jerawat atau merasa kulit, Anda memerlukan pembersihan yang baik, sebaliknya, mandilah dengan air hangat.

    3. Tidur jadi lebih berkualitas

    Otot-otot di tubuh Anda mungkin terasa tegang setelah hari yang melelahkan, dan mandi air hangat atau mandi air panas dapat membantu Anda rileks, menenangkan tubuh sekaligus menenangkan pikiran.

    Mandi air hangat beberapa jam sebelum tidur sebenarnya dapat membantu Anda mendapatkan tidur yang lebih baik. Selain itu, membersihkan diri sebelum tidur akan mengurangi penumpukan kuman, kotoran, keringat, dan minyak tubuh yang dapat menumpuk di tempat tidur Anda seiring waktu.

    Menjadikan mandi air hangat pada malam hari sebagai bagian rutin dari rutinitas Anda dapat meningkatkan kualitas tidur dan membantu mengurangi stres.

    [Gambas:Video CNBC]

    (hsy/hsy)


    Source link