More

    Peringkat FIFA Malaysia Meroket, Indonesia Wajib Menang vs Australia




    Jakarta, CNBC Indonesia Peringkat FIFA Malaysia diprediksi bakal menyalip Indonesia usai menjuarai turnamen Pestabola Merdeka 2024 pada Minggu (8/9/2024) malam WIB lalu. Negeri Jiran berhasil keluar sebagai juara usai membekuk Lebanon dengan gol semata wayang dari Romel Morales pada menit ke-33.

    Melansir dari media lokal Makan Bola, kemenangan Malaysia dalam turnamen Pestabola Merdeka 2024 itu berpotensi meningkatkan peringkat Harimau Malaya hingga tiga angka. Dengan demikian, Malaysia pun bisa unggul di atas Indonesia.

    “Kemenangan tersebut membuat Tim Nasional (Timnas) Malaysia mampu meraih poin maksimal untuk memperbaiki posisi negara [dalam peringkat FIFA],” tulis laporan Makan Bola, dikutip Selasa (10/9/2024).

    Sebagai informasi, hingga data FIFA per 18 Juli 2024, Malaysia kini menduduki peringkat ke-134 dengan total koleksi 1107.58 poin. Sementara itu, Indonesia bertengger satu peringkat di atas Malaysia, yakni 133 dengan total 1108.73 poin.

    Jika mengacu pada kemenangan di atas Lebanon, Makan Bola menyebut bahwa Timnas Malaysia memperoleh tambahan 5.68 poin sehingga bisa mengantongi 1117.68 poin dan meroket tiga peringkat alias ke urutan 131.

    “Hal ini pun membuat timnas bisa menyalip posisi negara tetangga, Indonesia,” tulis Makan Bola.

    Jika melihat kondisi tersebut, dapat dikatakan bahwa posisi Indonesia “terancam” untuk kalah dari Malaysia. Sebab, keunggulan dua poin yang dimiliki para anak asuh Pau Marti dapat membuat Skuad Garuda harus rela di bawah Malaysia alias posisi ke-132.

    Namun, Tim Merah Putih berpotensi untuk kembali unggul di atas Malaysia jika menang melawan Australia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia putaran ketiga pada hari ini, Selasa (10/9/2024). Terlebih, FIFA baru akan memperbaharui peringkat global pada 19 September 2024 mendatang.

    Diketahui, Malaysia yang gagal melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia memutuskan untuk kembali menggelar turnamen Pestabola Merdeka 2024. Turnamen rutin dalam rangka Hari Kemerdekaan Malaysia ini turun menggaet Lebanon, Filipina, dan Tajikistan sebagai peserta.

    Kemenangan 1-0 di atas Lebanon dan 2-1 saat melawan Filipina membuat Malaysia berhasil meraup poin tambahan dan melonjak tiga peringkat, yakni dari 134 ke 131 melewati Rwanda, Gambia, dan Indonesia.

    (rns/rns)

    Saksikan video di bawah ini:

    Video: Shin Tae Yong Puas Timnas Indonesia Tahan Imbang Arab Saudi




    Next Article



    Daftar 5 Pemain Termahal Skuad Timnas Indonesia U-23



    Source link