More

    Penjualan Mobil Listrik dengan Pembayaran Kredit Masih Rendah dibandingkan dengan Mobil Hybrid, Berikut Penjelasannya

    Konsumen roda empat saat ini memiliki berbagai pilihan model kendaraan yang ditawarkan. Selain perbedaan tipe, masyarakat juga dihadapkan dengan pilihan dapur pacu mesin konvensional, hybrid, dan listrik. Meskipun keinginan untuk memiliki mobil ramah lingkungan masih kecil, pembelian kreditnya masih lesu menurut Toyota Astra Financial (TAF).

    Menurut Richard Wang, Marketing Dept. Head TAF, pada kuartal pertama 2024, pembiayaan masih didominasi oleh merek Toyota sebanyak 80%, Daihatsu sebanyak 15%, dan Lexus sebanyak 5%. Persentase tersebut sebagian besar berasal dari penjualan mesin konvensional yang masih mendominasi di antara ketiga merek Astra tersebut. Mobil listrik masih memiliki penjualan yang lebih sedikit dibandingkan mobil hybrid.

    Richard juga menyebut bahwa mobil listrik masih memiliki penjualan yang sedikit, terutama karena Toyota hanya memiliki bZ4x dan Lexus RZ sebagai mobil listrik, sementara Daihatsu belum memiliki mobil listrik. Penjualan mobil listrik diperkirakan hanya sekitar 1%, sementara penjualan hybrid masih mencapai sekitar 5-6% dari total penjualan. Penjualan hybrid masih didominasi oleh Toyota Innova Zenix hybrid dan Yaris Cross hybrid.

    Richard menyebut bahwa penjualan Zenix hybrid sempat tinggi pada Desember 2023 dan kini antrean untuk kloter berikutnya Zenix hybrid mulai dibuka lagi. Dominasi penjualan hybrid diperkirakan akan bertahan sepanjang tahun 2024.

    Source link