More

    Keutamaan Membaca Doa Qunut Saat Shalat Witir Selama 15 Hari Terakhir Ramadhan

    Pada separuh terakhir bulan Ramadan, umat Muslim khususnya warga Nahdliyin memperdalam ibadah mereka dengan membaca doa qunut saat shalat witir. Amalan ini menjadi bagian penting dalam meningkatkan ibadah menjelang akhir Ramadan yang penuh berkah. Doa qunut, yang dilakukan dalam rakaat terakhir shalat witir, memiliki landasan hukum dan praktik yang telah diwariskan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dan para sahabatnya.

    Menurut Hadis Riwayat Abu Dawud, “Sesungguhnya Umar Ibn Khattab berinisiatif mengumpulkan masyarakat agar shalat tarawih bersama (dengan imam) Ubay Ibn Ka’b, maka beliau shalat tarawih bersama mereka selama 20 malam, dan beliau tidak berdoa qunut kecuali dalam separuh yang kedua (malam 16 Ramadhan hingga seterusnya).” (HR. Abu Dawud).

    Ada banyak dalil yang bisa dijadikan sebagai dasar pembacaan doa qunut ini. Imam Al-Nawawi dalam Al-Adzkar menjelaskan pandangan Abu Hanifah terkait qunut pada separuh akhir ramadhan.

    “Menurut kami, disunnahkan qunut di akhir witir pada separuh akhir Ramadhan. Ada juga dari kalangan kami (Syafi’iyyah) yang berpendapat, disunnah qunut di sepanjang Ramadhan. Kemudian ada pula yang berpendapat bahwa disunnahkan qunut di seluruh shalat sunnah. Ini menurut Madzhab Abu Hanifah. Namun yang baik menurut madzhab kami adalah model yang pertama, yaitu qunut pada separuh akhir Ramadhan.”

    Bacaan Doa Qunut

    Berikut adalah bacaan doa qunut yang biasanya dibaca dalam shalat witir:

    “اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ”

    Artinya: “Ya Allah, berikanlah petunjuk kepadaku sebagaimana mereka yang telah Engkau tunjukkan. Dan berilah kesehatan kepadaku sebagaimana mereka yang Engkau telah berikan kesehatan. Dan peliharalah aku sebagaimana orang yang telah Engkau peliharakan. Dan berilah keberkahan kepadaku pada apa-apa yang telah Engkau karuniakan. Dan selamatkan aku dari bahaya kejahatan yang Engkau telah tentukan. Maka sesungguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan terkena hukum. Maka sesungguhnya tidak hina orang yang Engkau pimpin. Dan tidak mulia orang yang Engkau memusuhinya. Maha Suci Engkau wahai Tuhan aku dan Maha tinggi Engkau. Maha bagi Engkau segala pujian di atas yang Engkau hukumkan. Aku memohon ampun dari Engkau dan aku bertobat kepada Engkau. (Dan semoga Allah) mencurahkan rahmat dan sejahtera untuk junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya.”

    Dengan memahami hukum dan praktik membaca doa qunut saat witir di 15 hari terakhir Ramadan, umat Muslim dapat lebih mendalami makna ibadah mereka dan meraih manfaat spiritual yang lebih dalam dalam bulan penuh berkah ini.

    Source link