More

    Hino Mengungkap Bus Listrik Belum Sesuai untuk Rute AKAP karena Butuh Daya yang Besar

    PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) menyatakan bahwa bus listrik masih belum memenuhi kebutuhan transportasi Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Indonesia karena kurangnya infrastruktur yang memadai. Chief Operating Officer (COO) PT HMSI, Santiko Wardoyo, mengatakan bahwa meskipun teknologi baterai kendaraan listrik semakin berkembang sehingga lebih ringan dan terjangkau, namun penggunaan bus listrik di Indonesia masih dalam tahap studi.

    Menurut Santiko, kendaraan listrik komersial membutuhkan infrastruktur yang memadai dan mudah dijangkau, sehingga belum siap diterapkan di Indonesia. Penjualan sasis bus Hino saat ini didominasi oleh RM 280 ABS Euro4, dengan mayoritas pembeli berada di Pulau Jawa. Santiko juga menyebut bahwa penjualan sasis bus Hino mulai merambah ke wilayah Sumatra dan Sulawesi.

    HMSI juga mengungkapkan bahwa penggunaan bus listrik masih memerlukan waktu untuk dapat diimplementasikan secara luas di Indonesia. Saat ini, bus listrik lebih cocok untuk transportasi perkotaan seperti Transjakarta daripada untuk rute jarak jauh seperti Jakarta-Surabaya. Meskipun demikian, HMSI terus mempelajari perkembangan teknologi bus listrik untuk meningkatkan pelayanan transportasi di Tanah Air.

    Source link