More

    Tata Cara Salat Idulfitri: Niat Arab Latin dan Artinya, Lengkap

    Salat Idulfitri adalah sebuah momen yang sangat dinantikan oleh umat Islam setelah menjalani ibadah puasa selama sebulan penuh di bulan Ramadan.

    Salat Idulfitri dilaksanakan pada tanggal 1 Syawal Tahun Hijriyah yang menandai berakhirnya bulan Ramadhan dan juga merupakan hari raya umat Islam.

    Untuk Anda yang ingin mengetahui tata cara melaksanakan Salat Idulfitri, berikut adalah panduan lengkapnya sesuai dengan ajaran Islam beserta niatnya dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan artinya.

    Niat untuk Salat Idulfitri adalah hal pertama yang harus diucapkan sebelum memulai salat. Lafal niat salat Idulfitri dalam bahasa Arab adalah sebagai berikut: “Usholli sunnatal li’idil fitri rok’ataini (makmuman/imaman) lillahi ta’ala”. Artinya, “Aku berniat shalat sunnah Idul Fitri dua rakaat (sebagai makmum/imam) karena Allah ta’ala.”

    Salat Idulfitri terdiri dari dua rakaat seperti salat sunnah biasanya, namun terdapat tambahan takbir yang merupakan sunnah. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
    – Takbiratul Ihram: Mengawali salat dengan takbir disertai niat dalam hati.
    – Takbir Tambahan: Melakukan 7 takbir tambahan setelah Takbiratul Ihram pada rakaat pertama dan 5 takbir tambahan sebelum membaca Al-Fatihah pada rakaat kedua.
    – Bacaan Surat: Disunnahkan membaca Surat Al-A’la pada rakaat pertama dan Surat Al-Ghashiyah pada rakaat kedua setelah Al-Fatihah.
    – Ruku’ dan Sujud: Melakukan ruku’ dan sujud seperti salat pada umumnya.
    – Tahiyyat dan Salam: Melakukan tahiyyat seperti salat biasa dan mengakhiri salat dengan salam.

    Setelah salat, disunnahkan untuk mendengarkan khutbah Idulfitri yang dilakukan oleh imam. Khutbah ini terdiri dari dua bagian dan diberikan jeda untuk duduk sejenak.

    Salat Idulfitri merupakan salah satu syiar Islam yang penting dan menjadi penanda kemenangan setelah sebulan berpuasa. Dengan mengikuti tata cara di atas, kita dapat melaksanakan salat Idulfitri dengan sempurna sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW. [ian]

    Jangan lupa untuk membaca berita lainnya di Google News atau langsung di halaman Indeks.

    Source link