More

    Cara Menyelamatkan Keselamatan saat Mengangkut Barang dalam Mobil

    Arus balik Lebaran Idul Fitri tahun ini diprediksi masih terjadi untuk sebagian orang hingga akhir pekan ini. Tips persiapan keselamatan dalam mengangkut barang dalam mobil perlu diperhatikan agar dapat pulang dengan selamat.

    Menurut Sony Susmana, seorang Senior Instructor dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), safety loading adalah praktik memuat barang ke dalam kendaraan secara aman dan nyaman untuk mengurangi risiko bahaya. Sony membagikan 8 poin penting yang perlu diperhatikan oleh para calon pemudik saat memuat barang untuk mudik.

    1. Pengenalan Kendaraan
    Pemilik kendaraan perlu memperhatikan jenis kendaraan dan kapasitas beban maksimal kendaraan sebelum memuat barang. Pastikan barang muatan tidak melebihi kapasitas beban maksimal kendaraan untuk menjaga keselamatan.

    2. Gunakan Roofbox
    Hindari memuat barang di atas mobil. Jika harus, gunakan roofbox dengan pengaplikasian yang benar untuk memastikan keamanan dalam perjalanan.

    3. Penempatan Barang
    Letakkan barang di dalam kabin kendaraan dengan benar. Pastikan muatan barang tidak overload dan mendistribusikan berat barang dengan baik di dalam mobil.

    4. Lashing
    Pastikan barang muatan tidak bergerak selama perjalanan. Gunakan cargo net di dalam kabin kendaraan dan strapper untuk muatan di atas mobil agar tetap aman.

    5. Faktor Bahaya
    Pengendara harus sadar akan faktor bahaya tambahan eksternal seperti angin kencang, jalanan berlubang, dan jalanan menanjak. Muatan tambahan akan membuat kendaraan bekerja lebih berat, sehingga pengendara harus berkendara dengan waspada.

    6. Journey Management
    Lakukan manajemen perjalanan dengan baik. Tentukan barang apa yang akan dibawa pergi dan kembali, serta pastikan muatan tidak melebihi kemampuan kendaraan.

    7. Co-Driver
    Memiliki co-driver yang cocok juga penting. Co-driver dapat membantu pengemudi, membantu navigasi, dan menemani selama perjalanan. Pastikan visi dan misi pengendara dan co-driver sama untuk perjalanan yang lebih menyenangkan.

    Dengan memperhatikan tips di atas, diharapkan perjalanan arus balik Lebaran dapat berjalan dengan aman dan nyaman.

    Source link